Indonesia

Said Aqil Siradj kembali pimpin PBNU

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Said Aqil Siradj kembali pimpin PBNU
Sementara itu, Rais Aam dijabat oleh Makruf Amin setelah Gus Mus menyatakan diri mundur
 

JAKARTA, Indonesia — Said Aqil Siradj kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dalam pemilihan yang berlangsung dari Rabu hingga Kamis, 6 Agustus.  

Di putaran kedua, Said melenggang tanpa saingan setelah Asad Said Ali —kandidat dengan suara terbesar kedua pada putaran pertama — menyatakan mundur. 

“Saya kalah pinter, kalah pengalaman dari KH Said, terima kasih,” kata Asad seperti dikutip Liputan6.com. “Sekali lagi kehadiran saya di sini tetap sebagai warga NU, tetap membantu beliau membesarkan Nahdlatul Ulama.”

Said mengatakan dia akan mengawal NU sehingga tetap moderat, toleran, berimbang dan bermanfaat bagi warga di luar NU. Dia mengatakan akan fokus pada pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.  

“Tidak ada ambisi politik, agendanya adalah NU,” kata Said. 

Gus Mus mundur, Rais Aam dijabat Makruf Amin

Mustofa Bisri, atau Gus Mus, terpilih sebagai Rais Aam, jabatan tertinggi di organisasi Nahdlatul Ulama, dengan wakil Makruf Amin. Namun Gus Mus menyatakan mundur. 

“Seharusnya 2 yang maju, sehubungan dengan KH Asad mundur dan KH Mustafa Bisri kembali menyampaikan penolakannya, maka bersama ini kami menetapkan KH Makruf Amin sebagai Rais Aam, dan KH Said Aqil sebagai Ketua Umum Tanfidziyah PBNU,” kata pimpinan sidang KH Ahmad Muzakki seperti dikutip NU Online

Makruf berjanji akan menguatkan kepemimpinan para ulama dalam NU dan bekerja keras mengemban tanggung jawab.

“Kami menyadari betul tanggung jawab ini besar sekali, tantangan ke depan semakin besar dan kompleks, baik yang menyangkut berbagai aliran, pikiran, akidah, kebathilan dan berbagai tantangan… ini menjadi sesuatu yang sungguh sangat berat,” kata Makruf. — Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!