Hingga Juli, penerimaan pajak baru 41% dari target APBN-P 2015

Haryo Wisanggeni

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hingga Juli, penerimaan pajak baru 41% dari target APBN-P 2015
Penerimaan pajak yang bertumbuh hanya dari PPh nonmigas bila dibandingkan year-on-year

JAKARTA, Indonesia — Hingga 31 Juli 2015, realisasi penerimaan pajak baru mencapai Rp 531.114 triliun atau 41,04% dari target yang dicanangkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp 1.294.258 triliun.

Menurut laporan dalam situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dirilis Kamis, 6 Agustus, Pajak Penghasilan (PPh) Nonmigas menjadi satu-satunya sektor yang penerimaannya bertumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014, dari Rp 258.486 triliun menjadi Rp 293.521 triliun atau sebesar 13,55%. 

Pertumbuhan PPh Nonmigas merupakan suatu anomali di tengah penurunan pertumbuhan sektor pajak lainnya,” kata Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas DJP Mekar Satria Utama. 

“Sebagai salah satu instrumen yang mencerminkan pertumbuhan kesejahteraan dan sisi kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak, pertumbuhan ini cukup tinggi sehingga menambah optimisme bagi DJP untuk terus berupaya mencapai target penerimaan pajak.”

Sedangkan untuk  area-area yang penerimaannya menurun, kondisi makro yang tak menguntungkan disebut sebagai penyebab utamanya.

Berikut ini detil laporan penerimaan pajak DJP per 31 Juli 2015: 

Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!