Indonesia wRap: 7 Agustus 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 7 Agustus 2015
Sosiolog, ulama dan penulis Haedar Nashir terpilih menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah

JAKARTA, Indonesia — KPU akhirnya kembali membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak pada Desember 2015. Dua koki asal Indonesia mengikuti MasterChef Asia. 

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan Indonesia darurat kejahatan seksual terhadap anak. Sepuluh warga negara Tiongkok ditahan polisi dan akan dideportasi karena terlibat prostitusi. 

Haedar Nashir terpilih jadi Ketua Umum PP Muhammadiyah

Musyawarah 13 orang anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memilih Haedar Nashir sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020.

“Sidang mengusulkan sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020 yaitu Dr Haedar Nashir,” kata Ketua Panitia Pemilihan Dahlan Rais, Kamis, 6 Agustus. “Apakah bisa diterima?” 

Peserta muktamar dengan kompak menjawab “Bisa.” Profil singkat Haedar bisa dibaca di Rappler.com

KPU kembali buka pendaftaran calon kepala daerah

Seorang petugas pemilu mengangkut kardus kertas suara untuk dibagikan ke tempat pemungutan suara pada Pemilu Legislatif April 2014. Foto oleh Adi Weda/EPA

Setelah berpolemik mengenai calon kepala daerah tunggal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengikuti saran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memperpanjang masa pendaftaran calon kepala daerah. 

“Pembukaan kembali pendaftaran pasangan calon selama tiga hari mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2015,” kata Ketua KPU Husni Kamil Malik seperti dikutip media.  

Perpanjangan ini juga menjadi alasan Presiden Joko Widodo untuk tidak mengeluarkan Perppu. Apa alasan Jokowi? Bisa dibaca di Rappler.com

Koki Indonesia peserta termuda MasterChef Asia

15 peserta dari 8 negara Asia berkompetisi di MasterChef Asia. Foto dari Lifetime

Dua perwakilan Indonesia menjadi kontestan kompetisi masak paling bergengsi abad ini: MasterChef Asia. Mereka adalah Vonny Lestari (20) dan Stefan Pratama (25). 

Vonny adalah seorang pelajar bisnis kuliner di sebuah universitas. Ia menjadi peserta termuda di kompetisi ini. Ia bercita-cita terjun ke industri kuliner dengan menjadi koki profesional. 

Sedangkan Stefan yang berprofesi sebagai sales representative adalah seorang yang gemar memasak masakan Amerika tapi dengan rasa Asia. Dia berambisi memiliki acara memasak sendiri dan membuka perusahaan makanan beku. Selengkapnya ada di Rappler.com

Komnas PA sebut Indonesia darurat kejahatan seksual

Anak-anak menghadiri Kongres Anak ke-13 dengan mengenakan baju daerah asal mereka. Kongres tersebut diselenggarakan di Batu, Malang, 6 Agustus 2015. Foto oleh Dyah Ayu Pitaloka/Rappler

Ketua Komisi Nasional Perlidungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait menyatakan Indonesia dalam keadaan darurat kejahatan seksual terhadap anak. Menurut Arist, dari sekitar 21 juta anak Indonesia yang mengalami kekerasan, lebih dari separuhnya adalah kekerasan kejahatan seksual.

“Sekitar 58 persen di antara korban, adalah korban kejahatan seksual,” kata Arist dalam Kongres Anak Indonesia di Batu, Kamis, 6 Agustus 2015. “Dari data yang ada, para predator itu justru orang-orang yang dekat dengan korbannya.”

Baca lebih jauh tentang ini di Rappler.com

10 warga Tiongkok akan dideportasi karena terlibat prostitusi

Bareskrim Mabes Polri unit perdagangan manusia mengamankan warga Tiongkok di Capital Building, Sumatera Utara, Kamis, 6 Agustus. Mereka diduga terlibat praktik prostitusi.

“Tim mengevakuasi 9 warga negara asing asal Tiongkok dan 20 warga negara Indonesia yang dipekerjakan sebagai pekerja seks,” ujar Kepala Unit Trafficking Bareskrim Polri AKBP Arie Dharmanto. 

Namun Polda Sumatera Utara memiliki data yang berbeda. Menurut Humas Polda Sumatera Utara Kombes Helfi Assegaf, ada 10 warga Tiongkok dan 1 warga Singapura yang diamankan. Cerita selengkapnya ada di Rappler.com

Dapatkan wRap di emailmu

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!