Indonesia wRap: 11 Agustus 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 11 Agustus 2015
DPR akan panggil Menteri Pertanian soal impor daging sapi, Tommy Sugiarto lolos ke babak kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2015, dan persiapan Hari Kemerdekaan RI ke-70.

JAKARTA, Indonesia — DPR akan panggil Menteri Pertanian soal impor daging sapi, persiapan perayaan 17 Agustus di ibu kota, dan optimisme Tommy Sugiarto di Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2015.

DPR akan panggil Menteri Pertanian soal impor daging sapi

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana akan memanggil Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman untuk dimintai penjelasan terkait gejolak harga daging sapi yang meroket. Belakangan, harga daging sapi memang terus meroket hingga menyentuh angka Rp 140.000 per kg dan menekan daya beli masyarakat. Harga daging sapi biasanya sekitar Rp 100.000 per kg.

“Ini karena Mentan memotong kuota impor sapi bakalan dari 250.000 menjadi 50.000 ekor saja di kuartal 3. Barangnya enggakada, ya harganya naik,” kata anggota Komisi IV DPR Daniel Johan, Senin, 10 Agustus. Selengkapnya di Rappler.com. 

Istana berhias gaya maritim sambut 17 Agustus

Menyambut peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ketujuh puluh, Istana Negara menyiapkan serangkaian acara bernuansa maritim, sejalan dengan visi Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang mengusung isu maritim sebagai fokus utama kabinetnya. “Konsep utamanya maritim, sesuai dengan program Pak Jokowi,” kata satu panitia yang enggan menyebut namanya pada Tempo.co, Senin.

Presiden Jokowi dilaporkan akan memberikan pidato kenegaraan pada Jumat, 14 Agustus, di hadapan wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ahok, Djarot peringati 17 Agustus di Tugu Proklamasi 

Tugu Proklamasi dibersihkan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70. Foto oleh Lewi Aga Basoeki/Rappler

Sementara itu, untuk pertama kalinya Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur Djarot Syaiful Hidayat akan memperingati Hari Kemerdekaan RI di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. “Rencananya, DKI 1 dan DKI 2 akan upacara 17-an di sini, untuk pertama kalinya diadakan di sini. Ini idenya Pak Djarot,” kata salah seorang staf koordinator Tugu Proklamasi kepada Antaranews.com.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Jokowi selalu mengadakan upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di Monumen Nasional (Monas). 

Tommy Sugiarto lolos ke babak kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2015

Pebulutangkis Tommy Sugiarto saat berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2014. Foto oleh EPA

Pebulu tangkis Indonesia Tommy Sugiarto melaju ke babak kedua Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2015 usai mengalahkan atlet Spanyol Pablo Abian dengan skor 21-16, 21-13, Senin. Di babak kedua, Tommy akan berhadapan dengan pebulutangkis asal Hong Kong, Wei Nan. Selengkpanya di Rappler.com.

ICW kirim surat ke Jokowi, protes remisi koruptor

Aktivis ICW Lalola Easter Kaban menyayangkan hingga saat ini pemerintah masih memberikan remisi pada koruptor. “Kenapa kita menselebrasi peringatan kemerdekaan dengan memberikan dispensasi orang yang bertanggung-jawab untuk sesuatu yang menjadi pekerjaan rumah bangsa (memberantas korupsi)?” kata Lalola. 

Untuk itu ICW memutuskan untuk mengirim surat protes pada Presiden Joko “Jokowi” Widodo hari ini, Senin.

“Kami berpendapat bahwa pemberian remisi dasawarsa Proklamasi Kemerdekaan tidak boleh bertentangan dengan Peraturan Pemerintah No. 99 tahun 2012 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (PP 99/2012).” ujar Koordinator ICW Adnan Topan Husodo dalam surat tersebut.

Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!