7 makanan Indonesia terpopuler versi Google

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kamu butuh inspirasi untuk merayakan Tujuh Belasan? Bagaimana kalau wisata kuliner Indonesia?

JAKARTA, Indonesia — Merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-70, Google merilis daftar makanan Indonesia yang paling banyak dicari oleh netizen.

Sebagai sebuah situs pencari, Google selalu menjadi tempat bertanya bagi para netizen, termasuk mengenai pertanyaan favorit semua orang: Makan apa yang enak hari ini?”.

Kali ini, Google Indonesia memberikan daftar makanan yang paling membuat netizen penasaran, entah karena ingin mencoba atau ingin membuatnya.

Berikut ini hasilnya:

1. Kue cubit 

Berdasarkan data Google, kue cubit dan bagaimana cara membuatnya menjadi kata kunci yang paling dicari di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, hingga Sumatera Barat.

Kue cubit memang menjadi primadona akhir-akhir ini. Kue yang tadinya hanya dijual di penjaja makanan pinggir jalan atau depan sekolah, kini “naik kasta” menjadi jajanan mahal dan bervariasi.

Kue cubit dengan rasa red velvet atau green tea, misalnya, bisa dibanderol hingga Rp 80.000 per porsinya. Sementara kalau kamu ingat-ingat lagi, kue cubit yang dijual oleh abang-abang harganya tak lebih dari Rp 10.000 (dan bisa pesan mau garing atau setengah matang!).

2. Resep ayam

Ayam sepertinya merupakan makanan yang mengandung protein terfavorit bagi orang Indonesia.

Ragam resep ayam menjadi topik pencarian utama di Google, mulai dari opor, soto ayam, ayam bakar, hingga ayam kecap. Kalau kamu, suka ayam yang seperti apa?

3. Bubur sumsum

Data Google menunjukkan kalau netizen di pulau Kalimantan paling banyak mencari bubur sumsum.

Bubur sumsum adalah makanan berupa bubur warna putih dari tepung beras yang dimakan dengan kuah manis, biasanya dari gula merah dan santan. Bubur sumsum ternyata cukup populer saat bulan puasa.

4. Bakso

Makanan yang mudah dijumpai di Indonesia, baik di pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan, ini paling banyak dicari oleh netizen di Sumatera Selatan dan Papua.

5. Soto Betawi

Siapa sangka soto Betawi bukan hanya menjadi primadona warga ibu kota?

Ternyata soto berkuah santan ini juga membuat netizen di Jawa Tengah dan Kalimantan Barat penasaran untuk membuatnya.

6. Menu pisang

Pisang juga menjadi topik pencarian populer di antara netizen, terutama pisang gapit dan es pisang ijo. Penasaran seperti apa bentuknya? Coba Google sendiri!

7. Es buah

Resep es buah ternyata banyak dicari oleh netizen di Kalimantan Utara dan Timur. 

Kalau kamu ingin mencoba es buah yang lain dari biasanya, kamu bisa pergi ke Google dan temukan resep es selasih, es buah susu, hingga es campur.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!