5 alasan kenapa startup kamu perlu mempunyai blog

Ketut Krisna Wijaya

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 alasan kenapa startup kamu perlu mempunyai blog

AFP

Startup ternyata berhasil menarik minat ratusan hingga ribuan pengguna baru melalui blog mereka

Blog bukanlah sebuah halaman situs biasa yang hanya berisi artikel-artikel. Beberapa startup di luar negeri ternyata berhasil menarik minat ratusan hingga ribuan pengguna baru melalui blog mereka.

Misalnya Mint, sebuah startup yang menyediakan solusi keuangan mulai dari mengelola keuangan, membayar tagihan, dan lainnya. Di masa awal mereka sangat rutin membuat artikel tentang tips dan trik keuangan.

Halaman blog mereka selalu muncul pada deretan atas hasil pencarian di Google. Ini tentunya menghasilkan sangat banyak kunjungan ke situs mereka.

Itu hanya contoh kecil bagaimana blog dapat mempengaruhi perkembangan startup. Jadi, apabila kamu mendirikan startup dan belum memiliki blog, berikut adalah 5 alasan mengapa kamu harus memulai menulis sekarang!

Memperkenalkan brand dan produk kami

Sebuah blog bisa menjadi alat marketing dan media press release gratis untuk startup. Dan hal ini sangat penting bagi startup tahap awal yang masih beroperasi secara bootstrap. Salah satu upaya marketing yang bisa kamu lakukan melalui blog adalah memperkenalkan produk.

Startup bisa saja membuat penjelasan tentang produk pada halaman utama situs. Tapi kamu bisa menjelaskan lebih banyak dan lebih detail melalui blog.

Misalnya apa saja yang orang bisa lakukan dan apa saja manfaat dari produk yang kamu buat. Dengan demikian, orang lain akan menemukan hal lebih banyak tentang produk kamu dan mungkin tertarik menggunakannya.

Berbagi pengetahuan

Kemungkinkan besar, kamu membuat startup yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang kamu. Misalnya apabila kamu mempunyai keahlian dalam bidang finansial, maka kamu mungkin akan ingin mendirikan startup yang berhubungan dengan finansial untuk menyalurkan bakat kamu.

Jadi selain menyalurkan pengetahuan kamu untuk mengembangkan produk, kamu juga bisa membagikan pengetahuan tersebut dengan menulis di blog. Hal itu tentunya akan bermanfaat bagi banyak orang.

Sebagai contoh, beberapa startup lokal yang cukup rajin mempublikasi artikel dalam blog mereka adalah SribuTokopediaTraveloka, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan relasi dengan pengguna dan penulis blog lain

Alasan lain kenapa kamu harus membuat blog adalah untuk meningkatkan relasi dengan pengguna dan penulis blog lain. Untuk mencapai hal ini, pastikan blog kamu memungkinkan pembaca untuk memberi komentar.

Seperti yang telah disebutkan pada poin awal, blog juga bisa menjadi sarana untuk memasarkan produk. Dan apabila masih ada pengguna yang bingung dan penasaran dengan produk kamu, maka mereka bisa dengan mudah bertanya melalui kolom komentar. Jadi, blog kamu bisa sekaligus menjadi sarana untuk berinteraksi langsung dengan pengguna dengan cara yang lebih personal.

Kamu juga bisa meningkatkan relasi dengan penulis blog lain dengan cara memberi komentar pada blog mereka. Dengan demikian, kamu dan blog kamu akan terlihat aktif dan secara tidak langsung, saat memberi komentar pada sebuah blog, dapat menarik perhatian orang lain mengunjungi situs kamu.

Meningkatkan trafik kunjungan situs

Hal terpenting bagi startup tahap awal yang baru meluncurkan produk adalah membuat orang tahu bahwa startup kamu ada dan kemudian mengajak mereka untuk menggunakannya.

Dengan membuat blog, tulisan kamu secara otomatis akan muncul di Google dan mesin pencarian lain. Sehingga secara otomatis pula, hal itu akan meningkatkan kunjungan ke situs dan kemungkinan orang untuk tertarik menggunakan produk kamu. — Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di situs berita teknologi dan startupTechinAsia.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!