Masbash Ice Cream: Menyantap sayuran yang ‘sweet and creamy’

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Masbash Ice Cream: Menyantap sayuran yang ‘sweet and creamy’
Buat kamu yang di Bandung, es krim jenis sayuran ini bisa membuat anak-anak lahap menyantap sayur.
BANDUNG, Indonesia — Khalifa lahap menyantap wortel, beet, dan jagung manis. Padahal bocah perempuan 7 tahun itu mengaku tak terlalu suka sayur.

Tapi aneka sayuran yang dia santap itu memang disajikan dalam bentuk yang berbeda, yakni dalam bentuk es krim. Siapa yang bisa menolak kuliner yang segar, manis, dan creamy itu?

“Aku enggak terlalu suka sayur, tapi kalau es krim suka banget. Jadi kalaupun isinya sayuran, tetap aku makan,” katanya sambil menyantap es krim beet yang berwarna ungu.

Es krim bercita rasa sayuran memang di luar kebiasaan. Biasanya, es krim yang beredar di pasaran dicampur dengan buah-buahan. Namun Masbash Monster Ice Cream berani menyajikan sesuatu yang berbeda.

“Kami ingin memulai startup bisnis. Bisnis produk. Namun tidak biasa. Kami melihat peluang dari sayuran. Produk sehat olahan sayuran belum banyak ada di pasar saat ini,” kata Fajrin Aziz, salah satu owner saat dihubungi Rappler pekan lalu.

Fajrin sendiri teringat pengalamannya yang dari kecil sulit makan sayur. Ia malah menganggap sayuran itu monster yang menakutkan bagi anak-anak.

“Sayuran kan kesannya seram buat anak-anak, kaya monster. Tapi es krim sangat fun dan disukai anak-anak. Jadi es krim sayuran itu sama dengan monster yang fun,” ujar Fajrin sekaligus menjelaskan maksud dari nama Masbash Monster Ice Cream, brand yang diusungnya.

Ingin menyantap es krim lezat dengan rasa unik ini? Kedai Masbash Ice Cream terletak di Jalan Mataram No.2, Cihapit, Bandung.

Bersama dua rekannya, Marsya Rebecca dan Iqrar Haqiqi, Fajrin mulai meracik sendiri resep es krim sayuran. Jadilah aneka varian es krim sayur yang enak di lidah. Ada rasa wortel, brokoli, kacang merah, beet, dan jagung manis. Selain itu, dijual juga es krim rasa teh hijau, pisang, dan coklat.

“Kami racik sendiri resepnya, karena enggak ada di Internet how to make vegetable ice cream. Jadinya resep es krim kami modifikasi sendiri dengan bahan baku sayuran,” tutur alumnus Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Setelah menemukan racikan yang pas, Fajrin dkk mulai memasarkan es krim sayur ini di berbagai pameran yang ada di Bandung dan sekitarnya pada Januari 2014. Di bulan itu, Masbash Ice Cream juga menjajal sekolah-sekolah.

“Awalnya produk ini target marketnya anak-anak supaya mau makan sayur,” ujar Fajrin.

Oktober 2014, Masbash Ice Cream mulai membuka toko di Jalan Mataram 2 Kota Bandung, tak jauh dari Jalan LLRE Martadinata (Riau), pusat factory outlet di Kota Kembang ini. Menurut Fajrin, sejauh ini respon konsumen cukup positif, malah ada yang mulai menjadi pelanggan.

“Respon pasar sejauh ini menurut survei kami, mereka suka dengan rasa dan idenya.  Meskipun ada yang merasa aneh, namun jarang yang menyatakan tidak suka,” katanya.

“Pasar juga tidak bisa selalu memberi komentar terhadap produk ini, karena rasanya sangat baru di lidah mereka. Dengan kata lain, tidak ada pembanding,” imbuhnya.

Es krim sayur produksi Masbash Ice Cream betul-betul menambahkan sayuran segar, tidak hanya sekedar essence. Untuk es krim rasa wortel, misalnya, konsumen bisa merasakan bulir-bulir kasar wortel di antara tekstur es krim yang lembut dan creamy.

“Enak, rasa wortelnya kerasa banget. Rasanya jadi manis dan gurih,” kata Fadiah Aswati Sofandy yang ditemui saat mencicipi es krim wortel di kedai Masbash.

“Lain kali saya mau mencoba es krim brokoli,” kata gadis 20 tahun itu.

Pada es krim brokoli tidak terdapat bulir-bulir dalam es krimnya yang berwarna hijau,  namun tercium aroma khas dari es krim bercita rasa sayuran kribo itu. Sama halnya dengan es krim jagung. Walaupun tanpa bulirnya, konsumen bisa merasakan manis dan gurihnya jagung dalam es krim jagung itu.

“Kesukaanku es krim jagung. Enak. Manis,” kata Khalifa.

Fajrin berencana terus mengembangkan rasa Masbash Ice Cream. Tidak hanya sayuran tapi juga jenis tumbuhan yang unik lainnya, seperti kurma dan talas.

“Mimpinya sih, ingin mengarah ke industri, seperti Diamond, Walls, Baskin Robbins. Namun khusus kepada sayuran dan yang unik-unik, macam kurma, talas, dan lain-lain,” katanya.

Ingin menyantap es krim lezat dengan rasa unik ini? Datang saja ke Masbash House Jalan Mataram No.2, Cihapit, Kota Bandung.

Masbash Ice Cream buka setiap Selasa hingga Minggu (Senin libur), dari pukul 10:00 – 20:30 WIB. 

Satu cup Masbash Ice Cream dibanderol dengan harga Rp 10 ribu. 

Konsumen juga bisa memesan es krim disertai aneka topping, sauce, dan plate, dengan harga Rp 22 ribu – Rp 24 ribu. 

Cek juga www.masbash.com, dan Twitter dan Instagram di @masbashice. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!