6 aplikasi untuk memantau lokasi orang terdekat di manapun mereka

Elfa Putri Setyanti

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

6 aplikasi untuk memantau lokasi orang terdekat di manapun mereka
Jadilah lebih dekat dengan mereka yang berarti untukmu melalui aplikasi-aplikasi ini.
Perkembangan teknologi semakin membantu kehidupan kita sehari-hari. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk memantau lokasi keluarga atau orang-orang terkasih melalui sebuah aplikasi.
Kali ini, Tech in Asia memberi referensi ragam aplikasi yang memudahkan kamu untuk menemukan atau memantau lokasi mereka yang kamu kasihi.
Famy

famy family locator app

Aplikasi ini buatan developer asal Korea, Spacosa, yang memang fokus membuat aplikasi bertema keluarga dan kemudahan berkomunikasi di antara keluarga. Famy dirilis sejak Oktober 2013 dan sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Dapat dikatakan jika dibandingkan dengan aplikasi serupa, Famy memiliki fitur yang cukup lengkap, yakni memberi lokasi secara akurat, merekam, dan menyimpan jejak lokasi yang telah dilalui.

Famy memiliki 4 pilihan mode untuk penandaan lokasi tiap anggota keluarga melalui peta, tidak membuat baterai boros, dapat digunakan sebagai grup chatting antar keluarga dan mengirim lokasi, mengirim pesan bahaya atau SOS, dan dapat juga digunakan untuk chatting perorangan.

Life360 – Family Locator

life 360 family locator app free

Dengan latar belakang aplikasi berwarna ungu, Family Locator buatan Life360, developer asal San Fransisco ini juga berfungsi sebagai pelacak lokasi bila perangkat pengguna hilang.

Meski dapat diunduh secara gratis, tersedia pula versi premium untuk aplikasi ini, yang bisa dibeli melalui in-app purchase. Biaya berlangganan untuk versi premium ini dibanderol mulai dari US $5 (sekitar Rp 70.000) per bulan.

Tidak jauh berbeda dengan fungsi yang ditawarkan aplikasi Famy yang telah dijelaskan sebelumnya, Family Locator ini juga dapat mengetahui posisi keluarga. Famy memiliki tombol khusus untuk kondisi darurat dangroup atau personal chatting.

Perbedaannya adalah setiap anggota yang didaftarkan sebagai keluarga akan digolongkan ke dalam Circle dan ditampilkan dalam Private Map. Bila mendaftarkan sebagai premium, maka kamu dapat memantau keberadaan smartphone sekaligus keberadaan orang dalam Circle secara tidak terbatas.

Family Locator

sygic family locator app

Bila dua aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya dapat diunduh dan digunakan terus menerus secara gratis, lain halnya dengan aplikasi Family Locator ini.

Dibuat oleh Sygic, developer navigasi asal Amerika yang berdiri sejak 2009 lalu, seluruh fitur aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun hanya untuk tujuh hari penggunaan. Sisanya, pengguna akan dikenakan biaya melalui in-app purchase yang dibanderol mulai dari $3 (sekitar Rp 41.000) per bulan.

Fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan tiga aplikasi lainnya, namun aplikasi ini akan memberi notifikasi langsung kepada orang tua jika anaknya berada atau memasuki daerah berbahaya, atau ketika anak sudah sampai di tempat tujuannya.

Setelah berlangganan, pengguna dapat melihat secara keseluruhan History dari lokasi anak.

GPS Tracking Pro

gps phone tracker pro app

Layaknya Life360 – Family Locator, aplikasi ini juga memberikan fungsi tambahan untuk menemukan lokasi smartphone bila hilang. GPS Tracking Pro merupakan karya dari Family Safety Productions, Inc., developer asal San Francisco, Amerika Serikat.

Fungsi lainnya yang ditawarkan aplikasi ini serupa dengan aplikasi sebelumnya yang telah dibahas, seperti menemukan lokasi anak, mengirimkan SMS bila kondisi bahaya, dan chatting dengan anggota keluarga.

Glympse – Share GPS Location with Friends and Family

aplikasi glympse

Di negara dengan masih banyaknya pengguna aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) seperti Indonesia, pasti sudah pernah mendengar nama aplikasi Glympse.

Ya, Glympse, developer asal Washington, Amerika Serikat ini memang berpengalaman dalam aplikasi navigasi sejak 2008. Terutama fitur yang mereka sematkan ke dalam aplikasi BBM yang memungkinkan Anda untuk mengetahui lokasi lawan bicara di dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini seperti media sosial, kamu bisa follow orang-orang terdekat dan berbagi lokasi dengan mereka. Beberapa fitur lainnya adalah kemudahan chatting langsung dengan orang lain tanpa aplikasi tambahan, dapat digunakan di belahan dunia manapun dengan mengandalkan GPS atau mobile data, dan tanpa memakan banyak daya baterai.

Line Here

Line Here iPhone

Raksasa aplikasi chatting asal Jepang, LINE juga tidak ingin ketinggalan dalam menciptakan aplikasi berbagi lokasi. Melalui aplikasi Line Here, pengguna dapat mengetahui lokasi orang-orang terdekat. Uniknya, pengguna bisa memilih untuk log-in dengan akun Facebook maupun Line.

Meski masih banyak terdapat keraguan akan kebocoran data lokasi pengguna kepada orang yang tidak bertanggung jawab, Line memastikan keamanan data di aplikasi ini. Hal ini dijamin dengan fitur Timer yang membatasi waktu berbagi lokasi dengan teman lainnya.

Melalui deretan aplikasi tersebut, kamu dapat memantau lokasi orang terkasih secara real-time. Namun yang perlu diperhatikan adalah fungsi GPS dalam smartphone harus selalu diaktifkan untuk dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi berbasis lokasi ini.

Apa aplikasi favoritmu untuk memantau dan mengetahui lokasi orang terdekat? —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di situs berita teknologi dan startup TechinAsia.

 

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!