Kebakaran di Gunung Merbabu berhasil dipadamkan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kebakaran di Gunung Merbabu berhasil dipadamkan

AFP

"Tim gabungan memadamkan terus-menerus dengan menggunakan ranting dan membuat sekat agar api tidak meluas."

 

JAKARTA, Indonesia — Kebakaran hutan yang melanda lereng Gunung Merbabu akhirnya berhasil dipadamkan, Sabtu, 22 Agustus. 

“Sekitar 330 personil tim gabungan berhasil memadamkan api walaupun dengan peralatan yang terbatas karena lokasi kebakaran di lereng-lereng gunung yang curam, tidak ada air dan kondisi cuaca kering,” kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho seperti dikutip dari Antara

Petugas telah memastikan tidak ada sisa bara api untuk mencegah kebakaran kembali berulang. Dua dapur umum juga telah ditutup. 

Sekitar 90 hektar kawasan hutan hangus dalam kebakaran di Gunung Merbabu, yang terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali. Di dua kabupaten tersebut, tim dari TNI, polisi, dan relawan bekerja memadamkan kebakaran yang menghanguskan sebagian hutan lindung. 

“Tim gabungan memadamkan terus-menerus dengan menggunakan ranting dan membuat sekat agar api tidak meluas. Tim bertahan di gunung dan regu porter mengirim logistik setiap lima jam,” kata Sutopo.

Belum diketahui dengan jelas penyebab dari kebakaran ini. Namun petugas memperkirakan kemungkinan bersumber dari sisa api unggun pendaki gunung yang tidak dipadamkan. — Rappler.com

BACA JUGA:

Kebakaran Gunung Merbabu belum bisa dipadamkan

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!