Gandeng Samsung, Bolt targetkan 120.000 pengguna baru di Jabodetabek dan Medan

Elfa Putri Setyanti

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gandeng Samsung, Bolt targetkan 120.000 pengguna baru di Jabodetabek dan Medan
Melalui kerjasama ini, perangkat Samsung J5 akan dijual bersama produk Bolt.

Setelah beberapa waktu lalu Smartfren meresmikan jaringan 4G LTE-A, penyedia jaringan 4G LTE lainnya, Bolt mengumumkan kerjasama dengan raksasa smartphone dari Korea Selatan, Samsung untuk menghadirkanbundling paket pada Jumat, 21 Agustus.

Perangkat dalam bundling ini adalah Samsung Galaxy J5. Larry Ridwan, CCO Bolt mengatakan bahwa alasan pemilihan kerjasama dengan Samsung karena nama besar yang dimilikinya dan juga pangsa pasar luas di Indonesia.

Ia menambahkan, “Sebenarnya Bolt sudah melakukan pendekatan sejak lama, namun terbentur dengan kemampuan jaringan pada perangkat dan regulasi yang belum tertata baik. Melalui Galaxy J5, teknologi yang diusung sudah sesuai dengan yang Bolt tawarkan”.

Salah satu smartphone terbaru besutan Samsung tersebut dilepas ke pasaran dengan harga Rp2,8 juta. Pengguna juga akan mendapatkan total bonus data 14 GB. Perangkat ini menyasar kelas menengah dengan spesifikasi yang mumpuni.

 SAMSUNG GALAXY J5
OS Android 5.0 Lollipop
Dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm (146 gram)
Layar 5 inci Super Amoled 720 x 1280 piksel
Kamera depan 5 MP
Kamera belakang 13 MP
RAM 1,5 GB
Kapasitas penyimpanan 8 GB dengan slot microSD hingga 16 GB
Prosesor Quad-core 1,2 GHz Snapdragon 410 dari Qualcomm
Kapasitas baterai 2.600 mAH
Harga Rp2,8 juta

Samsung Galaxy J5 memiliki layar 5 inci Super Amoled 720 x 1280 piksel. Dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP, di kedua sisinya terdapat auto-flash. Prosesornya menggunakan quad-core 1,2 GHz Snapdragon 410 dari Qualcomm dengan OS Android 5.0 Lollipop.

Sementara untuk baterai Galaxy J5, kapasitasnya adalah 2.600 mAh.  Perangkat ini dilengkapi dengan RAM 1,5 GB dan memori internal 8 GB yang bisa ditambah microSD hingga kapasitas 16 GB.

Targetkan 120.000 pengguna baru Bolt

Paket bundling yang ditawarkan akan dipasarkan di daerah lisensi jaringan Bolt, yakni Jabodetabek dan Banten beserta Sumatera Utara.

Larry menambahkan bahwa pihaknya menargetkan penjualan sebesar 120.000 unit untuk paket bundling dengan Samsung Galaxy J5, yang berarti juga penambahan pengguna Bolt. Sayangnya, ia tidak menjabarkan mengenai tenggat waktu dari target ini.

Larry mengklaim hingga kuartal tiga 2015, sudah terdapat lebih dari 1,5 juta pengguna Bolt terdaftar dengan pengguna aktif mencapai 70 persen. Meski bekerja sama dengan Samsung, menurut Larry, Bolt terbuka untuk vendor lainnya dalam penyediaan paket bundling.

Kompetisi 4G LTE bukan tantangan

samsung galaxy j5 bundling bolt

Meski para penyedia layanan telekomunikasi telah meresmikan jaringan 4G LTE di dalam negeri, hal ini tidak membuat Bolt gentar dalam menyediakan layanan. Larry menilai, kompetisi 4G LTE berarti membawa pengaruh positif bagi pengguna untuk semakin menikmati layanan kian stabil.

Terlebih, jaringan 4G LTE yang dimiliki sudah berada di frekuensi 2.300 MHz, yang berarti masuk ke dalam 4G LTE-Advanced. Berbeda dengan Smartfren yang membutuhkan carrier aggregation untuk mencapai kecepatan hingga 300 Mbps, Bolt telah melakukan perubahan sejak April 2015.

CTO Bolt Devid Gubiani menambahkan bahwa uji jaringan yang dilakukan di Cikarang menghasilkan jaringan yang lebih cepat dan stabil di frekuensi 2.300 MHz.

Devid juga mengungkapkan bahwa Bolt ingin memperluas wilayah jaringan ke beberapa titik di tanah air. “Hingga akhir 2016, Bolt menargetkan wilayah Serang dan Cilegon di November 2015 dan daerah Utara Sumatera hingga ke Aceh. Saat ini kami tidak berhenti untuk melakukan riset yang dibutuhkan dalam menyediakan jaringan baru.”

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di situs berita teknologi dan startup TechinAsia.

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!