Indonesia wRap: 2 September 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 2 September 2015

EPA

Pidato Christine Lagarde di Universitas Indonesia, buruh kepung Istana, dan siapa 8 nama capim KPK yang terpilih?

JAKARTA, Indonesia — Pidato Christine Lagarde di Universitas Indonesia, buruh kepung Istana, dan siapa 8 nama capim KPK yang terpilih?

Direktur IMF Lagarde: Indonesia miliki potensi besar tantangan global

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Selasa, 1 September. Ia membagi visinya mengenai revitalisasi pertumbuhan global yang menurut dia akan memberi kesempatan kepada kaum muda dan lebih inklusif. Menurutnya, Indonesia berpeluang untuk menjadikan dinamika ekonomi global saat ini sebagai momentum untuk memperbarui sumber pertumbuhan ekonomi. 

Lagarde juga menekankan pentingnya pendekatan kebijakan ekonomi yang inklusif. Indonesia jangan terjebak dalam pandangan yang hanya melihat angkatan muda sebagai potensi pasar domestik yang besar saja, tapi perlu melihat mereka sebagai sumber daya ekonomi yang mempunyai potensi memanfaatkan setiap peluang yang ada di pasar global. Baca intisari pidato Lagarde di Rappler.com. 

Buruh kepung Istana, cemaskan kehadiran tenaga kerja asing

Peserta demo buruh di depan Istana Negara hari ini, Selasa, 1 September, mengungkapkan kegelisahannya terkait kehadiran tenaga kerja asing (TKA) di tanah air. Di satu sisi, mereka mengakui kompetensi para pekerja asing. Namun di lain sisi, buruh dalam negeri mengkritisi aturan pemerintah yang terkesan terlalu longgar untuk syarat bekerja para TKA.

Menurut mereka, Indonesia memang harus menerima konsekuensi bahwa pekerja asing punya peluang yang sama di tanah air. Mereka juga mengaitkan masuknya tenaga asing di bidang produksi dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang sedang marak terjadi di perusahaan-perusahaan.

Baca berita lengkapnya di sini dan lihat foto-foto dari aksi demonstrasi buruh kemarin di sini 

Siapa saja 8 nama capim KPK yang terpilih?

SELAMATKAN KPK. Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi berunjuk rasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi terkait penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Bareskrim Mabes Polri, Jumat, 23 Januari 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah menerima 8 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diserahkan oleh Panitia Seleksi, Selasa. “Yang ini sudah diseleksi berdasarkan intergitas, kompetensi, leadership, independensi, dan juga pengalaman yang berkaitan,” kata Jokowi. Siapa saja kedelapan nama tersebut? Cek di sini. 

Mulai Oktober, 47 negara bebas visa ke Indonesia

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan akan ada 47 negara baru yang diberikan fasilitas bebas visa untuk berkunjung ke Indonesia mulai Oktober. “Jadi total  ada 92 negara yang diberi bebas visa,” kata Rizal, Selasa, seperti dikutip Tempo.co. Sebelumnya Indonesia telah memberikan fasilitas tersebut kepada 45 negara Juni lalu.

Penambahan negara bebas visa ini bertujuan untuk mendongkrak jumlah wisatawan asing yang mampu menghasilkan devisa negara. Pemerintah sendiri menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara selama 5 tahun mendatang. 

Roy Simangunsong, pemimpin baru Twitter di Indonesia 

Roy Simangunsong ditetapkan menjadi Business Head Twitter Indonesia, Selasa. Mantan Country Manager Yahoo! Indonesia dan CEO Okezone ini terpilih menggantikan Rick Mulia yang mundur beberapa bulan lalu. Apa visi Roy untuk Twitter di Indonesia? “Ke depannya, kami berharap dapat bekerjasama dengan seluruh pengguna, partner, serta komunitas lokal di Indonesia untuk menjadikan Twitter lebih bermanfaat dan mudah diakses sebagai platform percakapan langsung yang bersifat publik,” kata Roy, seperti dikutip Liputan6.com. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!