Transfer Deadline Day: Menunggu transfer besar di menit-menit terakhir

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Transfer Deadline Day: Menunggu transfer besar di menit-menit terakhir

EPA

Bursa transfer Liga Inggris bakal ditutup pada 1 September pukul 18.00 waktu setempat atau sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Siapa yang akan menyalip di tikungan?

JAKARTA, Indonesia – Setelah drama berlarut-larut hingga memancing perseteruan, transfer saga kiper Manchester United David De Gea berakhir antiklimaks. Kiper berpaspor Spanyol itu gagal pulang kampung ke negerinya untuk membela Real Madrid. 

Penyebabnya sepele: Real terlambat menyerahkan dokuman pendaftaran pemain ke penyelenggara Primera Division, kasta tertinggi Liga Spanyol. Deadline pendaftaran pemain di Spanyol adalah pada Senin, 31 Agustus, pukul 23:00 waktu setempat.  

Padahal, United sudah menyepakati ongkos kepindahan mantan kiper Atletico Madrid tersebut sebesar GBP 29 juta atau setara Rp 628 miliar plus Keylor Navas, kiper Real, ke United. Baik De Gea maupun Navas pun terpaksa balik kanan.  

Akhir drama yang antiklimaks. Sebab, De Gea benar-benar ngotot ingin ke Real. Bahkan dia sempat membuat manajer United Louis van Gaal marah karena De Gea menjadi tidak fokus di klub. Hingga laga keempat United musim ini di Premier League, klub berjuluk Setan Merah itu belum pernah memasangnya. 

Dengan kiper 24 tahun itu batal pindah, pertanyaan berikutnya apakah Van Gaal akan memasangnya? Sebab, hati dan pikiran De Gea sudah tidak di Old Trafford, kandang United, lagi. 

Batalnya transfer tersebut bisa jadi baru bisa direalisasikan di bursa transfer selanjutnya pada Januari (yang dikenal dengan nama bursa transfer musim dingin) nanti.  

Namun, apakah Real mau membeli pemain yang tak bisa dimainkan di Liga Champions?  

Sebab, asosiasi sepak bola Eropa (UEFA) memiliki aturan bahwa pemain yang pernah dimainkan di Liga Champions tidak boleh bermain untuk klub berbeda dalam satu musim yang sama.  

Jadi bagaimana, John?

Upaya Chelsea untuk merekrut bek Everton John Stones tampaknya gagal. Kecuali jika manajer Chelsea, Jose Mourinho, melakukan langkah ekstrim di menit-menit terakhir ini. Sebab, Stones ditahan oleh manajer Everton, Roberto Martinez. 

Chelsea kabarnya sudah menaikkan tawaran hingga EUR 40 juta. Tapi Martinez tetap bergeming. Chelsea tampaknya tidak tertarik jika harus menaikkan lagi tawarannya. 

Karena itu, kabarnya Chelsea sudah memiliki alternatif pengganti Stones. Dia adalah bek Reading Michael Hector. Hector sempat juga menjadi incaran rival sekota Chelsea, Crystal Palace.  

Transfer tersebut kemungkinan besar terwujud. Pasalnya, ongkos transfer Hector juga tidak kelewat mahal. 

Chelsea juga mulai merampingkan skuatnya. Beberapa pemain mulai dilepas. 

Sekarang tinggal menunggu apakah pemain Juventus Paul Pogba akan benar-benar pindah ke Stamford Bridge, kandang Chelsea.

Menunggu striker anyar Manchester United

Manajer Manchester United Louis van Gaal bersikeras tidak ingin merekrut striker baru. Padahal, dalam empat kali laga Premier League kinerja lini depan mereka tidak padu. Kehadiran Memphis Depay tidak menambah daya dobrak mereka. Praktis, semua beban mencetak gol diemban Wayne Rooney. 

Apalagi, Javier Hernandez akhirnya pergi dari Old Trafford, kandang United. Hanya cadangan dan bahkan tak menjadi bagian dari rencana Van Gaal membuatnya hengkang ke Bayern Leverkusen. “Saya ingin kembali merasakan kegembiraan menjadi bagian penting sebuah tim,” katanya seperti dikutip Guardian.  

Sejumlah rumor menyebutkan United akan merekrut Neymar dan Gareth Bale. Tapi, bahkan di level rumor saja itu sudah sangat kental berbau hoax. Akhirnya mereka justru merekrut penyerang muda Athony Martial dari Monaco. 

Beberapa transfer tambahan

Selain beberapa klub besar, sejumlah pemain akhirnya pindah di menit-menit akhir. Berikut ini beberapa di antaranya.  

Juventus akhirnya gagal memboyong winger muda Jerman Julian Draxler. 

Lazio mendapatkan tambahan tenaga dengan kedatangan Alessandro Matri. 

Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!