Everton vs Chelsea: Wajib menang agar tenang

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Everton vs Chelsea: Wajib menang agar tenang

EPA

Tuah Jose Mourinho ditunggu para fans Chelsea. Apakah dia bisa kembali membawa klub asuhannya kembali ke jalur juara?

 

JAKARTA, Indonesia – Hanya meraih 4 poin dalam 4 laga pertama Premier League, apakah Jose Mourinho akan dipecat jika Chelsea tak kunjung membaik? Mereka sudah mengalami dua kekalahan dan hanya sekali menang. Awal yang buruk untuk klub juara bertahan.  

Dalam konferensi pers di pusat latihan Chelsea di Cobham, Surrey, Jumat, 11 September, Mourinho menegaskan bahwa dirinya tak akan dipecat. Situasi di internal Chelsea jauh lebih stabil daripada saat dia kali pertama datang pada 2007. Pemilik Chelsea Roman Abramovich yang dulu hobi memecat pelatih kini percaya penuh kepadanya. 

Mourinho punya alasan soal stabilitas itu. Menurut dia, Abramovich sudah mengenal banyak pelatih. Mulai dari Claudio Ranieri, Avram Grant, Andres Villas-Boas, Luis Felipe Scolari, hingga Roberto Di Matteo. 

“Saat dia memecatku, dulu dia hanya mengenal dua pelatih. Saya dan Ranieri,” katanya seperti dikutip Guardian

Dengan kata lain, dirinya adalah pilihan terbaik untuk Chelsea. Selain itu, gairah petualangan manajer asal Portugal itu juga sudah padam. 

“Dulu saya ingin ke Spanyol dan Italia,” katanya. “Sekarang, saya sudah ke dua negara itu. Mau cari apalagi?” 

Karena itu, jangan berharap banyak untuk berita besar dari internal Chelsea. Ya, setelah pencopotan fisioterapis tim Eva Carneiro, rasanya tak ada gonjang-ganjing lagi di Stamford Bridge, kandang Chelsea. Dengan Mourinho memegang kendali, tak ada lagi yang bisa dilawan. 

Namun, mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan itu tetap harus membuktikan bahwa dia masih the special one. Caranya adalah menaklukkan Everton, Sabtu, 12 September, pukul 18.45 WIB, di kandang lawan, Goodison Park. 

Kondisi tim sedang pincang

Beban bagi peraih dua gelar Liga Champions dengan dua klub berbeda itu semakin berat. Sebab, kiper top Thibaut Courtois absen. Pemain asal Belgia itu cedera parah hingga harus menjalani operasi. Chelsea akan kehilangan dia dalam waktu yang lama. 

Tapi, Mourinho berusaha meredam situasi. Dia menegaskan bahwa kiper kedua Asmir Begovic tak kalah hebat. 

“Ini memang buruk bagi kami tapi kami tak ingin berlarut-larut,” katanya. 

Klub berjulukan The Blues itu tak hanya kehilangan Courtois. Gelandang Oscar juga absen karena cedera. Namun, ketiadaan Oscar masih bisa disiasati karena akhir-akhir ini pemain Brasil itu memang jarang menjadi starter. Dia lebih banyak digantikan Willian sebagai gelandang serang.

Kegagalan Chelsea memboyong bek Everton John Stones juga bakal memanaskan situasi. Apalagi, bek muda itu akan tampil sebagai starter. Maklum, Stones adalah buruan nomor satu Mourinho untuk meremajakan barisan bek yang mulai senior. 

Namun karena Roberto Martinez, manajer Everton, mati-matian mempertahankannya, tawaran sebesar 40 juta poundsterling pun ditampik.

Di atas kertas, peluang Chelsea untuk menang memang besar. Masalahnya, performa Chelsea di awal Premier League sedang jeblok. Mereka yang diunggulkan lawan Swansea City justru ditahan seri 2-2. Begitu juga saat di kandang mereka diprediksi menang mudah melawan Crystal Palace. John Terry dkk justru keok 1-2. 

Melawan Everton, meski musim lalu mereka dua kali mengalahkannya dengan skor sama-sama 2-1, Chelsea tetap dianggap belum meyakinkan untuk menang. Bahkan kembali ke jalur juara. 

Apalagi, beberapa kinerja pemain bintang mereka sedang drop. Eden Hazard mulai kehilangan kecepatan dan naluri mencetak golnya. Begitu juga Fabregas yang kini kerap membuat blunder. Belum lagi bek kanan Branislav Ivanovic yang bermain buruk saat melawan Palace. 

Mourinho mengakui bahwa Chelsea belum tampil sebagus musim lalu. Tapi, dia menolak jika klubnya disebut sedang bermasalah. 

“Saya tidak senang. Tapi saya optimis. Saya percaya pemain dan pemain percaya saya. Kami akan meninggalkan situasi buruk ini,” katanya.

Perkiraan Lineup

Everton (4-2-3-1)

Howard; Coleman, Stones, Jagielka, Oviedo; McCarthy, Barry; Kone, Barkley, 

Mirallas; Lukaku.

Manajer: Roberto Martinez

Chelsea (4-2-3-1)

Begovic; Azpilicueta, Cahill, Terry, Rahman; Fabregas, Matic; Pedro, Willian, 

Hazard; Costa. 

Manajer: Jose Morinho 

—Rappler.com

BACA JUGA: 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!