FOTO: Kunjungan Jokowi ke Arab Saudi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Kunjungan Jokowi ke Arab Saudi
Menarik investor Arab Saudi, dapat penghargaan dari Kerajaan, hingga memohon ampun bagi 4 TKI yang divonis hukuman mati

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi. Naasnya, saat tiba di Jeddah, ia mendapat kabar duka yang menimpa jemaah haji yang tertimpa crane saat beribadah di Masjidil Haram, Mekah, Jumat, 11 September.

Hingga kini lebih dari 100 orang wafat, di antaranya 7 warga negara Indonesia (WNI).

“Berita ini membuat kita semua sangat berduka. Sekali lagi saya sampaikan duka cita mendalam kepada para korban termasuk warga kita dari Indonesia,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang ia gelar usai mendarat.

Berikut adalah foto-foto kegiatan Jokowi selama di Arab Saudi yang Rappler himpun dari Facebook Presiden, situs Sekretariat Kabinet, dan Instagram resmi kepresidenan.

Dalam lawatannya, ia juga bertemu dengan Raja Arab Saudi untuk meminta penambahan kuota haji bagi Indonesia. 

“Tidak berapa lama, Menteri Negara urusan Agama Kerajaan Arab Saudi Muhamad Ali Sheikh mendatangi saya, sekaligus menyampaikan persetujuan penambahan kuota haji sebesar 10.000.

“Saat ini kuota haji kita sebesar 168 ribu jamaah. Tambahan 10 ribu jamaah ini sangat berarti, walau kita ingin kembali dapatkan kuota sebesar 211 ribu jamaah,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga dianugerahi Star of the Order of King Abdulaziz Al-Saud Medal dari Kerajaan Arab Saudi.

“Saya merasa terhormat, sebab penghargaan tertinggi tersebut pernah diberikan pada Presiden Obama, Perdana Menteri Cameron dan Shinzo Abe,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa ia mengundang investor dari Arab Saudi untuk berinvestasi di Indonesia, karena saat ini Indonesia sedang membangun infrastruktur untuk membangun kilang minyak, jalan, pelabuhan, investasi keuangan dan berbagai obyek bisnis lainnya.

Tak lupa, Jokowi menyempatkan untuk mengajukan permohonan kepada Raja Arab Saudi untuk mengampuni 4 orang tenaga kerja Indonesia yang divonis hukuman mati di negara itu.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!