MotoGP San Marino: Langsung show time sejak detik pertama

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

MotoGP San Marino: Langsung show time sejak detik pertama

EPA

Tiga pembalap terbesar MotoGP bakal bertarung di San Marino, malam ini. Apakah Lorenzo akan mengkudeta Rossi?

MotoGP San Marino bakal berlangsung seru sejak detik pertama. Pasalnya, tiga penguasa klasemen sementara berada di posisi start tiga terdepan. Akibatnya, bentrok dini tak terelakan bakal berlangsung sejak lap pertama.  

Pole position diraih pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo yang mendominasi di sesi kualifikasi. Dia diikuti rival dekatnya, Marc Marquez (Repsol Honda), kemudian Valentino Rossi (Movistar Yamaha). 

Dengan tiga pembalap pemburu juara tahun ini, persaingan di MotoGP San Marino bakal sangat ketat. Apalagi, ketiganya saling mengalahkan di balapan-balapan sebelumnya.

Di Sirkuit Silverstone 30 Agustus lalu, Rossi memang menjadi penguasa. Namun, di tiga balapan sebelumnya dia terus berada di posisi ketiga. 

Dalam 5 balapan terakhir, justru Marc Marquez yang konsisten berada di posisi satu dan dua kecuali di Silverstone di mana dia mundur. Meski pertarungan gelar juara MotoGP tahun ini diperebutkan dua jagoan Yamaha, Marquez tetap bisa mewarnai keseruan pertarungan keduanya.  

Rossi memang bakal lebih diunggulkan di San Marino. Pasalnya, Sirkuit Misano adalah kandang The Doctor—julukan Rossi. Apalagi tren dia juga terus naik. 

Namun, itu bukan jaminan. Lorenzo juga memiliki momen terbaik di San Marino. Dia pernah memenanginya tiga kali sejak promosi ke MotoGP pada 2008.  

Selain itu, kesiapan Lorenzo juga jauh lebih baik. Terutama setelah melihat hasil kualifikasi. Pembalap Spanyol tersebut mendominasi hampir semua sesi latihan. Dia bahkan memecahkan rekor lap tercepat di Misano. 

Dengan ban keras pun performa Lorenzo tak terpengaruh. Padahal, karakter sirkuit tersebut adalah “pemakan” ban. 

Karena itu, Rossi harus mewaspadai pergerakan Lorenzo. Sebab, bukan tidak mungkin Lorenzo akan mengkudeta pemimpin klasemen sementara tersebut. Apalagi, selisih poin mereka hanya 12 poin.

“Selalu sulit menjelang akhir musim. Jorge sangat kuat dan Marc selalu bisa mengimbanginya. Karena itu, lap pertama selalu lebih penting. Ini adalah kandangku, semua orang ingin mengalahkanku,” kata Rossi seperti dikutip situs resmi MotoGP. —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!