Wafatnya Ali Wardhana: Arsitek perekonomian di masa Orde Baru

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Wafatnya Ali Wardhana: Arsitek perekonomian di masa Orde Baru
Ali Wardhana merupakan Menteri Keuangan di masa pemerintahan Orde Baru pada tahun 1968-1983

JAKARTA, Indonesia — Mantan Menteri Keuangan Ali Wardhana meninggal dunia, Senin, 14 September 2015. I

Ia wafat di usia 87 tahun setelah dilaporkan sakit sebelumnya. Jenazah Ali Wardhana dimakamkan hari ini, Selasa, 15 September.

Ali Wardhana merupakan Menteri Keuangan di masa pemerintahan Orde Baru pada tahun 1968-1983. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Industri, dan Pengawasan Pembangunan pada tahun 1983-1988. 

Selain memangku jabatan sebagai menteri, Doktor lulusan University of California ini juga merupakan salah satu guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI)

Di masa jabatannya, ia berhasil meredam tingginya inflasi selama dua tahun pada 1966-1968. Ia juga berhasil menurunkan laju inflasi yang mencapai 650 persen pada 1966 hingga 10 persen pada tahun 1969.

Selain itu ia juga berjasa dalam pemanfaatan pendapatan dari oil boom sebagai modal penguatan pembangunan nasional pada masa itu.

Sebelum meninggal, Ali Wardhana telah menderita penyakit paru-paru kronis sejak muda. Ia sempat dirawat selama tiga minggu di RS Medistra, Jakarta, sebelum kemudian menghembuskan nafas terakhirnya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!