Pusamania Borneo FC vs Persib: Maung Bandung melawan kutukan Segiri

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pusamania Borneo FC vs Persib: Maung Bandung melawan kutukan Segiri
Persib Bandung akan dijamu Pusamania Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu, 20 September, pukul 18:00 WIB.

Sejarah pertemuan Pusamania Borneo FC dengan Persib Bandung sejatinya belum ada. Tapi, Stadion Segiri menjadi venue yang menakutkan bagi Persib Bandung.

Dalam empat pertemuan terakhir di stadion di Samarinda tersebut, Persib selalu kalah.

Bedanya, yang mengalahkan Persib dulu adalah Putra Samarinda yang kini berganti nama menjadi Bali United Pusam. Kali ini, lawannya adalah Pusamania tim lain yang bermarkas di Samarinda.

Melihat catatan itu, pelatih Persib Djajang Nurjaman merasa tak terusik. Pasalnya, sebagai pelatih Djajang memiliki catatan positif ketika bermain di Stadion Segiri. Ketika membesut Pelita Jaya di musim 2011/2012, dua kali Djajang menang.

“Kalau Persib catatannya memang kurang bagus. Itu kan Persib, saya justru punya catatan positif di sana. Semoga hasilnya positif,” kata Djajang, Minggu, 20 September.

Meski optimistis, pelatih 50 tahun itu tetap harus berhitung karena pemain seperti Dedi Kusnandar dan M Ridwan masih cedera. Pemain lainnya juga tidak dalam kondisi 100 % setelah tampil habis-habisan di babak penyisihan grup.

Sementara itu sang lawan mulai menemukan bentuk permainan. Menanggapi kondisi itu, Djajang meyakinkan performa pemainnya cukup merata. Siapapun yang akan dimainkan, tidak mengurangi kolektivitas Maung Bandung.

“Kami sudah siapkan opsi-opsinya. Kami juga sudah melihat rekaman pertandingan Borneo FC. Kami yakin bisa mencuri kemenangan di sana,” kata Djajang.

Saat disinggung apakah bakal bermain bertahan atau tidak, Djajang dengan mantap menyebut timnya akan difensif terlebih dulu di 15 menit awal. Tujuannya, untuk membaca permainan Pesut Etam.

“Kami punya strategi, untuk bisa meredam mereka,” terangnya,

Meskipun belum 100 %, penyerang Persib Zulham Zamrun kemungkinan bakal ditampilkan dari menit awal. Itu mengingat naluri gol dan performa pemain asal Ternate tersebut yang sedang ada dalam puncaknya.

Sementara, bek sayap Supardi sepertinya baru akan ditampilkan pada babak kedua, sebagai pemain pengganti. Itu sekaligus untuk menambah tenaga pemain yang sedang dalam recovery.

Rotasi untuk atasi kabut asap

Strategi rotasi akan dimaksimalkan oleh Djadjang mengingat kabut asap di Kalimantan dikhawatirkan menganggu stamina pemain. Sebelumnya, dokter tim Rafi Ghani menyebut ada efek yang pasti terasa meskipun kabut tidak tebal.

“Efeknya stamina. Karena itu rotasi nanti juga penting. Saya akan menyimpan tenaga untuk di babak kedua juga,” tandasnya.

Sementara itu, pelatih Borneo FC Iwan Setiawan menantang Djajang Nurjaman bermain terbuka. Menurut dia, tim dengan nama besar seperti Persib dan memiliki banyak materi pemain bagus seharusnya tidak takut bermain terbuka.

Sebagai tim favorit juara, Persib bukan tanpa kelemahan. Absennya beberapa nama pemain akan dimaksimalkan oleh Borneo FC untuk mencari celah. ”Yang saya bilang kalau memang mereka punya tim baik, target juara, berani dong bermain terbuka dengan kami,” kata eks pelatih Persija Jakarta tersebut.

Iwan akan memaksimalkan Boaz Salossa dan Ferinando Pahabol untuk mengimbangi kecepatan sayap Persib. Lini belakang yang dikomandani Hamka Hamzah diyakini cukup untuk menghentikan lini depan Maung Bandung.

“Kami punya banyak pemain pengalaman juga. Saya yakin mereka sudah kenal karakter Persib. Jadi, saya tidak khawatir dengan target Persib yang ingin menang,” ujar pelatih berkacamata itu.

Selain faktor teknis, Iwan juga yakin Persib terbebani dengan rekor sulit menang di Segiri. Borneo FC akan berupaya memperpanjang mimpi buruk Persib. Paling tidak sampai tahun ini. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!