Basarnas kesulitan temukan pesawat Aviastar

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Basarnas kesulitan temukan pesawat Aviastar
Kondisi medan yang sulit dan cuaca menurutnya menjadi penghambat pencarian pesawat tersebut

MAKASSAR, Indonesia — Tim gabungan pencari pesawat Aviastar yang hilang pada Jumat, 2 Oktober, masih belum bisa menemukan lokasi pesawat.  

“Hari ini saya gagal, gagal dalam menemukan lokasi perkiraan jatuhnya pesawat Aviastar,” kata Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Marsdya F. Henry Bambang Soelistyo, Sabtu, 3 Oktober. 

“Pencarian kita lakukan di empat sektor yang luasnya 30 x 30 nautical mile yang meliputi wilayah daerah Luwu, Palopo, Toraja, dan Endrekang. Dari pencairan ke empat sektor tersebut semuanya nihil.”

Satu nautical mile adalah sekitar 1,8 kilometer. 

Kondisi medan yang sulit dan cuaca menurutnya menjadi penghambat pencarian pesawat tersebut. 

“Untuk sementara hanya satu pesawat yang masih patroli. Kalau malam kita sudah hentikan operasi udara. Begitupun di darat, kita istirahatkan personel kalau malam, namun jika ada informasi yang pasti, pasti kita bergerak.”

Sebelumnya General Manager Angkasa Pura I Ahmad Munir mengatakan titik koordinat pesawat ditemukan berdasarkan sinyal ponsel milik pilot pesawat. Titik tersebut berjarak sekitar 60 nautical mile dari titik hilangnya kontak menara kontrol dengan pesawat.  

Emergency Operation Centre (EOC) juga menyatakan bahwa lokasi titik hilangnya diperkirakan di daerah Mappetalang. 

Namun, pihak Search and Rescue (SAR) belum bisa memastikan soal titik koordinat ini. “Titik yang diberitakan masih rumor,” kata Direktur Operasi Perum Airnav Wisnu Darjono pada Rappler.

Pesawat Aviastar ini hilang kontak sebelas menit setelah lepas landas dari Bandara Andi Djemma di Kabupate Luwu Utara. Pesawat dijadwalkan tiba di Makassar pada pukul 15:39 WITA. — Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!