Kabut asap selimuti Pulau Cebu di Filipina

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kabut asap selimuti Pulau Cebu di Filipina

AFP

“Kami perkirakan kabut asap ini dari Sumatera, tidak biasanya tebal"

MANILA, Filipina — Bencana kabut asap tak hanya menimpa dua negara tetangga Singapura dan Malaysia tapi juga merambah ke Filipina. 

Pulau Cebu di Filipina sudah tujuh hari berturut-turut diselimuti kabut asap, kata dinas cuaca setempat. Angin yang bertiup dari Indonesia ke arah pusat Filipina diperkirakan membawa kabut asap. 

“Kami perkirakan kabut asap ini dari Sumatera, tidak biasanya tebal,” kata ahli cuaca Pemerintah Filipina Romeo Aguirre. 

Kabut asap dari polusi lokal sebenarnya adalah hal yang biasa di Cebu, wilayah yang didiami empat juta orang, namun biasanya menghilang dalam sehari. Namun kabut asap yang menyelimuti Cebu berwarna abu-abu kebiruan kali ini sudah berlangsung tujuh hari, mesti sudah cukup berkurang. 

Kabut ini menebal pada Senin, mengurangi jarak pandang hanya lima kilometer, di saat yang sama ketika topan Dujuan diperkirakan akan melewati Cebu. 

Departemen Lingkungan Filipina akan melakukan tes lebih lanjut untuk mengonfirmasi asal usul kabut asap tersebut. 

Malaysia, Singapura dan sebagian daerah Indonesia selama berminggu-minggu ditutupi kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. —Laporan dari AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!