Lionel Messi akan diadili terkait penipuan pajak

Agence France-Presse

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lionel Messi akan diadili terkait penipuan pajak
Messi dan ayahnya dduga menggelapkan pajak sebesar 4,16 juta euro

BARCELONA, Spanyol—Bintang Argentina dan Barcelona Lionel Messi akan diadili terkait penipuan pajak. Lionel Messi dan ayahnya, Jorge, tersangkut tiga dugaan penipuan pajak yang dapat berujung penjara, seperti yang dikonfirmasikan oleh pihak pengadilan Spanyol pada Kamis, 8 Oktober.

Dalam dokumen pengadilan, hakim menolak permintaan jaksa penuntut umum yang berharap agar hanya Jorge yang diadili.

Ayah-anak ini dduga menggelapkan pajak sebesar 4,16 juta euro, terkait dengan hak foto Messi pada tahun 2007 hingga 2009 dengan membuat perusahaan palsu di Belize dan Uruguay.

Diduga kuat hak foto Messi diserahkan kepada perusahaan palsu tersebut untuk menghindari pajak dari penghasilan yang didapatkan dari para sponsor besar di Spanyol.

Tanggal persidangan belum ditentukan, tapi yang pasti akan bertempat di Vilanov i la Geltru, kota di mana Messi tinggal. Kota ini berada sekitar 30 mil sebelah selatan Barcelona.

Jaksa telah meminta agar kasus yang melibatkan Pemain Terbaik Dunia (empat kali) ini dihentikan karena mereka merasa bahwa ayahnyalah yang melakukan penipuan. Jorge telah menjadi manajer anaknya sejak ia kecil. Mereka meminta Jorge Messi dipenjara selama 18 bulan dan didenda sebesar setengah dari pajak yang digelapkan. 

Meskipun begitu, para kuasa hukum petugas pajak meminta agar Lionel Messi juga diadili. Mereka menuntut kedua tersangka dipenjara selama 7,5 bulan untuk setiap kasus, yang membuat total hukuman menjadi lebih dari 22 bulan penjara. “Ada tanda-tanda yang menunjukan bahwa tindakan kriminal dilakukan oleh kedua tersangka,” kata hakim dalam dokumen persidangan.

Bagaimanapun, kedua tersangka sepertinya akan sulit untuk masuk penjara. Biasanya, hukuman di bawah dua tahun penjara akan ditangguhkan bagi mereka yang baru pertama kali berhadapan dengan hukum di Spanyol.

Penderitaan karena pengadilan dan cedera

Pada awalnya, ayah dan anak ini membantah tuduhan yang diberikan dan menyalahkan mantan penasehat keuangan mereka.

Akan tetapi, Jorge Messi berulang kali menyatakan bahwa ia bertanggung jawab atas keuangan anaknya dan memohon agar dakwaan terhadap anaknya segera ditangguhkan.

Jorge juga telah melakukan pembayaran sebesar lima juta euro pada Agustus 2013 untuk menutupi kekurangan pajak yang belum ia bayarkan termasuk bunganya, yang seharusnya dapat mengurangi hukuman.

Menurut perusahaan yang mengurus hak foto Lionel Messi, tim kuasa hukumnya akan menghadiri sidang yang akan membuktikan bahwa pemain tersebut tidak seharusnya ikut diadili.

Barcelona membela pemain mereka dan menyatakan keterkejutannya atas berlanjutnya dakwaan terhadap Messi.

“Klub akan terus memberikan dukungan secara hukum, fiskal, dan administratif kepada keluarga dalam proses ini,” kata klub dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, juara Eropa ini juga menyatakan keprihatinan mereka atas sejumlah keputusan pengadilan yang merusak citra klub selama beberapa tahun terakhir.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan pendahulunya Sandro Rosell juga pernah didakwa dalam kasus penggelapan pajak yang terjadi saat memboyong Neymar dari Brazil pada 2003.

Lionel Messi merupakan pemain sepak bola terkaya nomor empat versi Majalah Forbes dengan pendapatan sebesar hampir US$ 74 juta setahun.

Messi diprediksi akan kembali menyabet gelar Ballon d’Or untuk kelima kalinya, setelah membawa Barcelona memenangkan tiga gelar sekaligus pada musim lalu.

Namun proses hukum ini hanyalah salah satu berita buruk yang menimpa Messi. Dia dinyatakan harus istirahat selama enam minggu setelah mengalami cedera di bagian lututnya saat Barcelona memenangkan pertandingan 2-1 melawan Las Palmas pada Sabtu, 26 September yang lalu.

Cedera tersebut membuat Messi harus absen membela tim nasional Argentina dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Ekuador pada hari Kamis.

Di lapangan, Barca mengalami kesulitan setelah bekerja keras untuk memenangkan pertandingan melawan Las Palmas dan Bayer Leverkusen 2-1, sebelum akhirnya kalah 2-1 dari Sevilla pada Sabtu, 3 Oktober lalu.

Sementara itu, investigasi terpisah juga sedang dilakukan di Barcelona terkait pertandingan amal yang dilakukan Messi atas nama yayasan miliknya, pada tahun 2012 dan 2013.

Messi hanya satu dari beberapa pesepakbola papan atas Spanyol lainnya yang terjerat kasus serupa.

Rekan setimnya di Barcelona dan Argentina, Javier Mascherano juga akan menghadapi pengadilan pada 29 Oktober mendatang, setelah tidak membayarkan pajak sebesar 1,5 juta euro karena memberikan hak fotonya kepada perusahaan miliknya sendiri di Portugal dan Amerika Serikat.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!