5 tip mengatur keuangan pribadi

Mutyara Yediza

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 tip mengatur keuangan pribadi

AFP

Pahami portofolio keuangan, menabung, berbisnis, investasi dan hindari utang

Soal keuangan sering jadi masalah utama dalam kehidupan sehari-hari. Pengelolaan gaji, misalnya, bisa menjadi tantangan sendiri seiring dengan kebutuhan hidup yang meningkat dan godaan pola hidup konsumtif. 

Apa yang harus diprioritaskan? Rumah, belanja, pensiun dini?

Ini lima tip yang membantu Anda untuk mengatur keuangan Anda dengan lebih baik:

1. Memahami portofolio keuangan 

Sangat penting untuk mengetahui apa saja pengeluaran rutin yang Anda butuhkan setiap bulan. Contohnya berapa persen dari gaji Anda yang digunakan untuk membayar kehidupan sehari-hari seperti untuk membayar tagihan listrik, kebutuhan makan setiap bulan, membayar kartu kredit, dan lain-lain.  

2. Menabunglah  

Nah setelah tahu pengeluaran, sisihkan 20% gaji untuk ditabung. Pilih bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti misalnya tabungan jangka panjang seperti deposito atau tabungan berjangka.

Jangan sampai berpikir seandainya ada kelebihan uang baru akan menabung dari uang sisa kebutuhan. Hal tersebut tidak akan pernah berhasil.

3. Mulai berbinis atau cari pendapatan dari sumber lain

Memulai berbinis tidaklah rumit seperti yang Anda bayangkan. Carilah ide-ide mendapatkan lebih banyak uang yang sesuai dengan hobi Anda. Contohnya Anda mempunyai hobi berbelanja, maka Anda dapat membuka clothing line yang unik. 

Pemasarannya tidak sulit, ini bisa dilakukan dengan menarik orang untuk melihat situs atau blog tempat Anda berjualan. Anda juga bisa riset ke pasar untuk mencari hal potensial untuk dijual yang bisa digunakan untuk menambah pendapatan. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

4. Melakukan investasi dengan benar 

Investasi merupakan cara yang bermanfaat bagi masa depan Anda. Ambillah dari 15% penghasilan untuk berinvestasi kemudian Anda dapat bertanya dan berkonsultasi kepada agen investasi tentang keinginan dan tujuan Anda.

5. Hindari utang 

Jika keuangan Anda ingin sehat, sebisa mungkin hindarilah utang. Apalagi jika uang hasil utang dipakai untuk konsumsi. Utang adalah celah yang membuat kita bisa mengalami ketergantungan pada pola hidup boros. Berusahalah menjalani hidup sesuai dengan kemampuan. 

Utang bukan mimpi buruk. Dengan pengelolaan yang tepat, utang atau kredit dapat berguna seperti untuk membeli rumah maupun membiayai keperluan mendesak lainnya. Tapi tetap evaluasi keputusan itu dan pertimbangkan dampaknya secara hati-hati. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!