Arab Saudi akan tingkatkan kuota umrah tiga kali lipat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Arab Saudi akan tingkatkan kuota umrah tiga kali lipat

EPA

Meskipun membuka peluang yang lebih besar bagi para calon jemaah untuk bisa segera berangkat umrah, Arab Saudi harus cermat memperhitungkan faktor keamanan

JAKARTA, Indonesia — Arab Saudi berencana menaikkan kuota jemaah ibadah umrah, Senin, 12 Oktober. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya akan meningkat hingga lebih dari tiga kali lipat dari 400.000 menjadi 1,25 juta. 

Hal ini berdasarkan keterangan Menteri Urusan Haji Arab Saudi Bandar Al-Hajjar sebagaimana dikutip oleh sejumlah surat kabar setempat. 

Al-Hajjar mengatakan dengan kuota baru tersebut, berbagai fasilitas hasil proyek pembangunan di lokasi pelaksanaan ibadah akan dapat dioptimalkan.

Meskipun membuka peluang yang lebih besar bagi para calon jemaah untuk bisa segera berangkat umrah, Arab Saudi harus cermat memperhitungkan faktor keamanan sebelum mengeksekusi rencana peningkatan kuota ini. 

Terlebih dengan terjadinya sejumlah musibah yang menimbulkan korban jiwa dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini mulai jatuhnya crane di Masjidil Haram dan terinjak-injaknya jemaah di Mina.

Di Indonesia, kebijakan ini bisa dipastikan akan berpengaruh terhadap rencana calon jemaah asal tanah air untuk menunaikan ibadah umrah.

Indonesia berdasarkan data Kementerian Agama telah memberangkatkan sebanyak 342.757 orang jemaah untuk umrah sampai Juni tahun ini. Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!