Deklarasi Partai Idaman, Rhoma Irama akan sampaikan visi-misi melalui lagu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Deklarasi Partai Idaman, Rhoma Irama akan sampaikan visi-misi melalui lagu
'Karena saya seorang seniman, saya akan sampaikan visi-misi Partai Idaman melalui lagu yang puluhan tahun sudah saya ciptakan,' kata Rhoma Irama

JAKARTA, Indonesia — Ketua Umum DPP Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama berencana melakukan deklarasi nasional terkait eksistensi partainya pada 14 Oktober 2015 di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, melalui sejumlah lantunan lagu ciptaannya. 

“Dalam rangka sosialisasi dan deklarasi Partai Idaman 14 Oktober 2015 di Tugu Proklamasi, saya akan orasi visi-misi melalui lagu,” kata Rhoma dalam konferensi pers rencana Deklarasi Partai Idaman, yang disampaikan di DPP Partai Idaman, Jakarta, Senin, 12 Oktober.

Menurut Rhoma, orasi melalui lagu akan lebih efektif dalam memberikan masukan positif kepada kader dan masyarakat luas. Berdasarkan observasinya sebagai seorang seniman musik dangdut selama ini, lagu dapat menginspirasi seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

“Orasi ketua umum biasanya secara oral, secara diucapkan, tapi karena saya sebagai seorang seniman, maka akan menyampaikan visi-misi melalui lagu yang puluhan tahun sudah saya ciptakan,” ujar Rhoma.

Pria yang dijuluki Raja Dangdut itu mencontohkan beberapa lagu yang dapat dijadikan materi orasinya nanti seperti lagu Persatuan Nasional, Reformasi, Indonesia, dan Pembaharuan.

“Lagu ini menurut observasi saya efektif. Misalnya ada yang bilang berhasil berhenti minum-minuman keras karena mendengar lagu saya yang berjudul Mirasantika,” ungkap Rhoma.

Islam nan Pancasilais

Dia juga menyampaikan penentuan tanggal deklarasi Partai Idaman 14 Oktober 2015 bertepatan dengan tanggal 1 Muharam mencerminkan komitmen Partai Idaman mengusung manifesto Islam rahmatan lil`alamin

Sedangkan lokasi Tugu Proklamasi menandakan Partai Idaman tetap akan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasilais.

“Momentum dan lokasi deklarasi memang saya sesuaikan betul agar mencerminkan manifesto Partai Idaman,” katanya. 

Dalam acara deklarasi tersebut, Partai Idaman akan turut mengumumkan nama-nama serta struktur pengurus partainya. Menurut Rhoma, sejumlah pengurus Partai Idaman ada yang merupakan mantan kader partai lain.

“Tapi dalam struktur Partai Idaman ada yang spesifik, di mana di samping ada dewan pembina, kami juga ada dewan syuro. Umumnya partai Islam hanya ada dewan syuro tanpa dewan pembina,” ujar dia.

Saat ini Partai Idaman sudah membuka cabang di 34 provinsi. Berdasarkan pengakuan Sekretaris Jenderal Ramdansyah Bakir, Partai Idaman telah didaftarkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sekitar tiga pekan lalu. —Dengan laporan dari Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!