Jokowi: Hentikan kekerasan di Aceh Singkil

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi: Hentikan kekerasan di Aceh Singkil

EPA

Untuk itu, Jokowi telah memerintahkan Menkopolhukam Luhut Panjaitan dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk secepatnya mengambil tindakan

JAKARTA, Indonesia — Presiden Jokowi “Jokowi” Widodo telah memerintahkan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Panjaitan dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk secepatnya mengambil tindakan guna menghentikan kekerasan di Kabupaten Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam.

Hal ini diungkapkan anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 13 Oktober.

Menurut Ari, Jokowi juga meminta agar peristiwa di Aceh Singkil tak sampai menyebar ke wilayah lain serta bisa diselesaikan dengan baik dan adil. Selain itu, Menkopolhukam dan Kapolri juga harus memberikan jaminan keamanan kepada warga. 

Sebelumnya siang hari tadi, amuk massa pecah di  Kabupaten Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam dan berujung pada insiden pembakaran gereja. 

Berikut kronologi peristiwa tersebut sesuai keterangan pers yang diberikan Badrodin: 

  • Kemarin sudah ada kesepakatan antara Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan masyarakat terkait adanya 21 gereja yang dianggap bermasalah karena tak miliki izin. Atas desakan masyarakat, gereja-gereja ini rencananya akan dibongkar.
  • Kemarin malam disepakati bahwa pembongkaran akan dilakukan pada 19 Oktober.
  • Perwakilan masyarakat yang ikut menyepakati hal tersebut rupanya tak diakui oleh kelompok masyarakat yang melakukan pembakaran.
  • Pukul 8 pagi, massa berkumpul di masjid.
  • Jam 10 bergerak kemudian dihadang oleh Polri dan TNI saat mereka menuju ke gereja di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah. Di setiap gereja tadi sudah ada pengamanan oleh Polri.
  • Massa sendiri jumlahnya 500 dan menyebar. Salah satu kelompok massa kemudian berhasil mencapai gereja yang akhirnya dibakar. Setelah membakar gereja, massa bergerak ke Desa Dangguren. Di situlah terjadi bentrok antara massa pembakar dengan masyarakat yang menjaga gereja.

Pantau berbagai perkembangan terkait peristiwa Aceh Singkil di sini. — Rappler.com

 

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!