KontraS: #BelaNegaraBuatApa ?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

KontraS: #BelaNegaraBuatApa ?
Kelompok masyarakat yang memperjuangkan pemberantasan korupsi adalah wujud bela negara. Bela negara jangan diartikan sebagai militerisasi sipil

JAKARTA, Indonesia — Kementerian Pertahanan membuka wacana untuk membentuk kader bela negara. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan dalam 10 tahun ke depan, akan ada sekitar 100 juta warga negara Indonesia yang menjadi kader bela negara.

Tujuannya menurut Ryamizard adalah untuk membangun rasa nasionalisme dan mempertahankan kedaulatan negara. Wajib bela negara tersebut akan diterapkan bagi setiap warga negara yang berada dibawah usia 50 tahun.

Pernyataan tersebut memancing reaksi dari masyarakat. Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), misalnya, menyesalkan rencana ini. Menurut KontraS melalui siaran persnya, meski bela negara bukan wajib militer bagi WNI, tetapi substansi bela negara sebagaimana diucapkan Ryamizard bernuansa wajib militer.

“Kader bela negara bukan wajib militer, namun sebagai hak dan kewajiban yang perlu disiapkan,” kata Ryamizard awal pekan ini, Senin, 12 Oktober.

Sebaliknya menurut Kontras, bela negara dalam konteks kekinian harus dipandang secara luas dan komprehensif, yakni sebagai bentuk dan wujud partisipasi masyarakat dalam membangun bangsanya menuju negara yang lebih maju dan demokratis.

Kelompok masyarakat yang memperjuangkan pemberantasan korupsi adalah wujud bela negara, kelompok masyarakat yang memperjuangkan kelestarian lingkungan hidup adalah wujud bela negara, kelompok masyarakat yang memperjuangkan hak asasi manusia adalah wujud bela negara, jurnalis yang menginformasikan berita untuk pencerahan publik juga merupakan wujud bela negara. 

Itu artinya bela negara bukan merupakan militerisasi sipil, tetapi merupakan bentuk partisipasi masyarakat di dalam membangun bangsanya dengan berbagai cara.

Bagaimana bentuk bela negara yang dimaksud KontraS? Simak penjelasannya di bawah ini:

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!