Menteri BUMN klaim kereta cepat miliki komponen lokal tinggi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menteri BUMN klaim kereta cepat miliki komponen lokal tinggi

EPA

Kandungan lokal kereta cepat nantinya diupayakan tidak kurang dari 60 persen"

 

CIREBON, Indonesia — Menteri BUMN Rini Soemarno menjanjikan proyek kereta cepat (high speed train) Jakarta-Bandung akan banyak menggunakan kandungan lokal. 

“Kandungan lokal kereta cepat nantinya diupayakan tidak kurang dari 60 persen,” kata Rini, Jumat, 16 Oktober. 

Rini menjelaskan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dimenangkan mitra bisnis dari Tiongkok segera memasuki tahap finalisasi sejalan dengan sudah diterbitkannya Perpres yang menunjuk konsorsium BUMN untuk membangun proyek tersebut.

Alasan pemilihan Tiongkok karena banyak keunggulan yang ditawarkan, selain pengerjaannya berskema business-to-business, Tiongkok juga menjanjikan transfer teknologi dan penggunaan komponen lokal mencapai 60 persen.

Rini menjelaskan, proyek kereta cepat direalisasikan tidak saja menguntungkan penduduk Bandung saja, namun secara keseluruhan warga Jawa Barat.

“Jawa Barat beruntung dengan dibangunnya kereta api cepat karena akan mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Selama ini sentra ekonomi hanya terkonsentrasi di bebeberapa titik, nanti tentunya akan membawa efek berantai ekonomi di Jawa Barat,” ujarnya.

“Jadi semenjak ada jalan tol, semua kendaraan lewat sana, jadi di wilayah-wilayah yang seharunya berkembang, sekarang jadi belum berkembang, jadi sangat perlu di wilayah Jakarta-Bandung itu sentra ekonomi kita bangun.”

Jika kereta cepat itu nantinya dibangun, secara bersamaan pemerintah melalui BUMN akan melakukan pembinaan kepada masyarakat yang wilayahnya menjadi salah satu pemberhentian kereta cepat itu.

“Apalagi wilayah antara Jakarta dengan Bandung itu kan mereka dekat dengan kota-kota besar, jadi perlu kita kembangkan, tetapi ada kemungkinan nanti kita kembangkan ke Cirebon,” kata Rini. — Laporan dari Antara/Rappler

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!