Rupiah hari ini: Melemah lagi, dipicu data perumahan Amerika Serikat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah  hari ini: Melemah lagi, dipicu data perumahan Amerika Serikat

AFP

Analis memprediksi pelemahan ini akan cenderung terbatas karena adanya ekspektasi perekonomian Indonesia akan membaik pada kuartal ketiga tahun ini

JAKARTA, Indonesia — Data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu, 21 Oktober, mencatat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah ke level Rp 13.696 per dolar AS dari sebelumnya Rp 13.634 per dolar AS, melanjutkan tren pelemahan yang sudah terjadi sejak akhir pekan lalu. 

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan bahwa situasi ini terjadi karena dirilisnya data baru di Amerika Serikat  terkait pembangunan perumahan. Data ini menunjukkan jumlah rumah pribadi yang dibangun di Negeri Paman Sam pada September meningkat lebih tinggi dari konsensus pasar.

“Adanya rilis kenaikan data perumahan Amerika Serikat yang dibarengi dengan pelemahan laju harga minyak mentah dunia memicu laju dolar AS kembali bergerak menguat,” kata Reza Priyambada.

Kendati demikian, Reza memprediksi bahwa pelemahan ini akan cenderung terbatas karena adanya ekspektasi bahwa perekonomian Indonesia akan membaik pada kuartal ketiga tahun ini. Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!