7 pendaki Gunung Lawu dievakuasi, tak tahu ada kebakaran

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

7 pendaki Gunung Lawu dievakuasi, tak tahu ada kebakaran
Meski terjadi kebakaran, masih ada sekitar 10 pendaki di Gunung Lawu yang belum mau turun karena sedang melakukan ritual

 

KARANGANYAR, Indonesia — Tim search and rescue (SAR) gabungan mengevakuasi tujuh pendaki dari puncak Gunung Lawu melalui kawasan objek wisata Candi Ceto di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu, 21 Oktober.

Tujuh pendaki yang dievakuasi dari puncak Gunung Lawu adalah Durahme (67 tahun) dan Anggoro (37) asal Jagalan, Jebres, Solo; Agustinus Sino (48) dari Ngadiraja, Wonogiri; Siswanto (25) dari Purwodadi; Muhammad Hanny (34) asal Pengging, Boyolali; serta Hadilegio (18) dan Sujono (40) dari Magelang.

Menurut Jon, seorang sukarelawan Anak Gunung Lawu Karanganyar, ketujuh pendaki tersebut dievakuasi dari kawasan Argo Dalem dengan ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan air laut. Ketika ditemukan mereka sedang melakukan ritual di Argo Dalem.

Jon mengatakan evakuasi memakan waktu sekitar tiga setengah jam karena mereka berada di titik aman dan kondisi kesehatan mereka bagus.

Salah satu pendaki yang dievakuasi, Durahme, mengaku mendaki puncak Lawu melalui jalur Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Sabtu, 17 Oktober.

“Saya bersama rombongan sanak saudara sebanyak 10 orang. Namun, delapan orang sudah turun lebih dahulu pada Minggu. sedangkan saya rencana Jumat (23 Oktober) baru mau turun,” kata Durahme, warga Solo.

“Saya diminta turun oleh SAR karena ada kebakaran hutan,” ujarnya.

Durahme mengaku tidak tahu kalau hutan Gunung Lawu terbakar sebelum diberitahu petugas SAR.

“Saya tidak melihat jika ada kebakaran hutan di Lawu, sehingga saya juga tenang-tenang saja,” katanya.

Tujuh pendaki yang telah tiba di Pos SAR Candi Ceto kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Palang Merah Indonesia lalu dibawa ke Posko Cemoro Sewu untuk mengambil kembali kartu identitas mereka.

Menurut anggota sukarelawan Anak Gunung Lawu, masih ada 10 pendaki di Argo Dalem yang belum mau turun karena masih melakukan ritual.

Gunung Lawu merupakan salah satu tujuan populer pendakian. Pada bulan Sura penanggalan Jawa, seperti saat ini, gunung ini ramai didatangi para pelaku spiritual untuk bertapa atau berziarah di puncak.

Lawu memiliki tiga puncak, Hargodumiling, Hargodalem, dan Hargodumilah, yang dipercaya sebagai tempat bertapa dan moksa Raja Brawijaya menjelang keruntuhan Majapahit. Di sekitar gunung ini ditemukan banyak candi Hindu, seperti Candi Sukuh, Cetho, dan Kethek. —Dengan laporan dari Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!