Film minggu ini: Dari ‘Bridge of Spies’ hingga ’99 Homes’

Shinta Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Film minggu ini: Dari ‘Bridge of Spies’ hingga ’99 Homes’

Jaap Buitendijk

Sejumlah film ini berpotensi raih penghargaan tahun depan, mulai dari 'Bridge of Spies' hingga '99 Homes'. Ada juga dokumenter musik Ed Sheeran dan serial terakhir 'Paranormal Activity'

Film-film yang punya potensi di musim penghargaan tahun depan mulai berdatangan di bioskop bulan Oktober ini. Minggu ini, ada dua film yang menyita perhatian karena akting para aktornya yang apik.

Bridge of Spies dari Steven Spielberg memasangkan Tom Hanks dan Mark Rylance dalam drama spionase Perang Dingin yang kompleks.

Sementara itu, 99 Homes dari Ramin Bahrani menampilkan Andrew Garfield dan Michael Shannon dalam kisah getir mengenai krisis ekonomi yang menghancurkan hidup banyak orang.

Sebagai alternatif, ada juga pemutaran terbatas dokumenter konser Ed Sheeran Jumpers for Goalposts yang pantang dilewatkan oleh para penggemarnya. Tak lupa, ada juga film India termahal sepanjang masa, Baahubali: The Beginning yang mulai rilis hari ini.

Untuk melihat daftar lengkap film yang dirilis minggu ini, mari cek trailer dan sinopsisnya di bawah ini.

1. Knock Knock 

Ketika ditinggal liburan oleh istri dan anak-anaknya karena harus menyelesaikan pekerjaan di rumah, Evan Webber (Keanu Reeves) kedatangan tamu tak diundang. Dua gadis muda, Genesis (Lorenza Izzo) dan Bel (Ana de Armas), tersesat di daerah rumah Evan ketika mencari alamat pesta yang ingin mereka datangi.

Evan dengan baik hati mengizinkan mereka berteduh di rumahnya karena hujan turun dengan deras. Perkenalannya dengan gadis-gadis ini tidak membuat Evan menyadari bahwa ia akan segera terseret dalam permainan mematikan yang akan membuat hidup dan pernikahannya hancur berantakan. 

Tanggal rilis: 20 Oktober 2015

2. Bridge of Spies 

Saat berlangsung Perang Dingin, seorang pria bernama Rudolf Abel (Mark Rylance) yang diduga sebagai mata-mata Uni Soviet ditangkap oleh pemerintah Amerika Serikat.

Untuk memberi Abel pengadilan yang layak, seorang pengacara dari Brooklyn, James B. Donovan (Tom Hanks), ditunjuk sebagai pembelanya. Meski masyarakat menginginkan Abel cepat dihukum, Donovan menolak untuk memberinya pembelaan setengah hati tanpa peduli bahwa karier dan keselamatan keluarganya menjadi taruhan.

Keputusan Donovan menjadi krusial setelah pesawat mata-mata U-2 milik CIA jatuh ditembak. Sang pilot, Francis Gary Powers (Austin Stowell), ditangkap oleh Uni Soviet. Karena masing-masing kubu memiliki aset yang sama-sama berharga, kedua negara ini sepakat untuk menukar Abel dengan Powers.

Untuk memfasilitasi pertukaran ini, Donovan pun diminta untuk terbang ke Berlin dan melakukan negosiasi. Tetapi, situasi politik yang rapuh antara Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Republik Demokratik Jerman membuat misi Donovan menjadi sangat berliku.

Tanggal rilis: 21 Oktober 2015

3. LoveLive! The School Idol Movie 

μ’s berencana untuk membubarkan grup mereka setelah wisuda para anggota seniornya. Tetapi, mereka tiba-tiba menerima kabar yang membuat mereka harus kembali untuk sebuah konser. Sembilan gadis ini pun terus belajar dan tumbuh di dunia yang asing ini.

Aksi apa yang akan mereka lakukan di momen-momen terakhir mereka sebagai idola sekolah? Apa yang akan didapatkan oleh para anggota μ’s  setelah menggelar konser mereka yang paling seru ini?

Tanggal rilis: 21 Oktober 2015 

4. 99 Homes 

Ketika pasar perumahan di Amerika Serikat hancur di tahun 2008, Dennis Nash (Andrew Garfield) bersama sang ibu (Laura Dern) dan putra tunggalnya (Noah Lomax), terusir dari rumah keluarga mereka. Setelah rumahnya disita oleh makelar bank bernama Rick Carver (Michael Shannon), Dennis yang kini tidak punya rumah maupun pekerjaan pun tenggelam dalam kemarahan.

Tetapi, ketika Carver tanpa diduga menawarkan pekerjaan pada Dennis, ia melihat adanya celah untuk mengambil kembali rumahnya, dan menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya. Carver yang melihat potensi Dennis pun secara bertahap memberi tanggung jawab yang kian besar padanya. Tapi, beban mental dari pekerjaan ini lama kelamaan melukai hati nurani Dennis.

Tanggal rilis: 21 Oktober 2015

5. Air Mata Surga 

Walaupun sudah lama dijodohkan oleh ibunya dengan wanita lain, Fikri (Richard Kevin) memilih untuk menikahi Fisha (Dewi Sandra), seorang mahasiwi cantik yang belum lama dikenalnya. Meski hal ini menjadikan hubungan istrinya dan sang ibu kurang harmonis, Fikri dan Fisha punya rumah tangga yang bahagia.

Tetapi, ketika Fisha sulit hamil, bahkan sampai mengalami keguguran, istrinya tersebut merasa sedih dan terpukul. Ketika suatu hari Fisha merasakan sakit yang luar biasa di perutnya, dokter pun mendiagnosis bahwa Fisha terkena kanker rahim stadium akhir. Fisha sadar bahwa tak hanya ia tak akan bisa memiliki anak, waktunya dengan Fikri pun sudah tidak lama lagi. Atas dasar cintanya pada Fikri, Fisha pun melakukan sebuah pengorbanan yang luar biasa sebagai seorang istri.

Tanggal rilis: 22 Oktober 2015

6. Bait Surau 

Seorang eksekutif muda yang sukses bernama Rommy mengalami perubahan drastis dalam hidupnya setelah kepergian istrinya. Meninggalkan hidupnya yang penuh dengan dosa, Rommy memulai perjalanan spiritual di sebuah desa kecil di pinggir pantai. Ia bekerja sebagai nelayan yang sederhana sambil belajar mengenai agama.

Ketika ia menemukan sebuah surau yang tak terawat, timbul keinginan dalam hati Rommy untuk memperbaikinya. Ia berharap surau itu akan mengundang lebih banyak orang yang ingin belajar sholat dan mengaji seperti dirinya. Apakah Rommy dapat mendirikan surau ini sebagai warisan dari niat dan semangat pengabdiannya?

Tanggal rilis: 22 Oktober 2015

7. Cai Lan Gong 

Kakek Akung (Ronny P. Tjandra) adalah pewaris Cai Lan Gong yang tinggal di Indonesia. Cai Lan Gong yang berasal dari legenda Tiongkok memiliki arti Dewa Keranjang Sayur, dan konon dihuni arwah manusia sakti.

Karena tak punya anak laki-laki, Akung menunjuk cucu perempuannya, Eileen (Ineke Valentina), sebagai pewaris Cai Lan Gong. Ketika seorang fotografer bernama Mary (Putri Ariani) menghadiri upacara penurunan Cai Lan Gong bersama Akung dan asistennya, terjadi sebuah kekacauan yang membuat arwah Cai Lan Gong marah.

Apa yang menyebabkan hal ini? Dan apa hubungan Cai Lan Gong dan boneka Jelangkung? 

Tanggal rilis: 22 Oktober 2015

8. Ed Sheeran: Jumpers for Goalposts 

Saksikan penampilan Ed Sheeran dalam pertunjukan terbesar dalam kariernya yang digelar di Wembley Stadium pada bulan Juli 2015. Di depan 80.000 orang, Ed Sheeran memukau penontonnya dengan lagu-lagu hits seperti Thinking Out Loud, The A Team, dan Sing.

Jumpers for Goalposts juga menghadirkan kisah perjalanan karier Ed Sheeran dengan refleksi pribadi yang mendalam darinya dan orang-orang terdekatnya.

Tanggal rilis: 23 Oktober 2015 (pemutaran terbatas 3 hari)

9. Baahubali: The Beginning 

Ketika Sanga dan suaminya menyelamatkan seorang bocah yang hampir tenggelam, mereka tidak menyadari siapa anak tersebut dan masa depan apa yang telah menantinya. Anak tersebut tumbuh besar bersama keluarga angkatnya di pegunungan dan diberi nama Shivudu. Ketika Shivudu jatuh cinta dengan seorang wanita, hal ini membawanya pada perjalanan yang akan mempertemukannya dengan musuhnya, Bhallala Deva. 

Tanggal rilis: 23 Oktober 2015 

10. Paranormal Activity: The Ghost Dimension 

Keluarga Fleeges yang terdiri dari sang ayah, Ryan (Chris J. Murray); sang ibu, Emily (Brit Shaw); dan putri mereka Leila (Ivy George) pindah ke rumah baru. Di garasi rumah tersebut, mereka menemukan kamera dan sekotak rekaman video. Ketika menonton video tersebut, mereka mulai melihat aktivitas paranormal yang terjadi di sekitar mereka—termasuk kemunculan kembali sosok Kristi dan Katie yang masih kecil.

Tanggal rilis: 24 Oktober 2015 (pemutaran tengah malam)

Rekomendasi:

Bridge of Spies dan 99 Homes yang sama-sama punya skor di atas 90% di Rotten Tomatoes adalah pilihan yang layak ditonton.

Penyutradaraan Steven Spielberg yang prima membuat Bridge of Spies punya rasa klasik yang sudah jarang dimiliki film-film keluaran Hollywood belakangan ini. Ditunjang oleh naskah yang memikat dan terkadang jenaka dari Mark Charman, serta Ethan dan Joel Coen, durasinya yang panjang jadi tidak terasa kelewat melelahkan.

Yang paling menarik tentu saja adalah penampilan Tom Hanks yang selalu bisa diandalkan, serta Mark Rylance yang meninggalkan jejak mendalam dengan gerak-geriknya yang membuat penonton bersimpati padanya, meski Anda tak sepenuhnya yakin dengan statusnya.

99 Homes yang menceritakan tragedi berlatar runtuhnya pasar perumahan Amerika Serikat adalah pilihan yang sama menariknya. Ramin Bahrani dengan sabar dan sistematis memperlihatkan pergulatan batin hebat yang dialami Andrew Garfield ketika dirinya menggadaikan kemanusiaannya demi menyelamatkan diri dan keluarganya di tengah perekonomian yang tidak stabil.

Penampilan Michael Shannon sebagai penyita rumah yang dingin dan bengis juga tak kalah solid dan membuat drama moral ini menjadi lebih mengiris hati. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!