Meski berkunjung ke AS, Jokowi pastikan tetap pantau kebakaran hutan di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Meski berkunjung ke AS, Jokowi pastikan tetap pantau kebakaran hutan di Indonesia

user

'Saya akan terus memantau detik demi detik, menit demi menit, terutama dalam pengendaliaan kebakaran hutan dan lahan,' kata Jokowi sebelum berangkat ke Amerika Serikat

JAKARTA, Indonesia  — Presiden Joko “Jokowi” Widodo berharap kunjungan resminya ke Amerika Serikat selama 24-30 Oktober 2015 akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat di Tanah Air.

Meski demikian, Jokowi menyampaikan bahwa dirinya akan tetap memantau perkembangan situasi dan kondisi di Tanah Air. 

“Meskipun saya meninggalkan tanah air untuk beberapa waktu, saya akan terus memantau detik demi detik, menit demi menit, terutama dalam pengendaliaan kebakaran hutan dan lahan serta penanganan korban kabut asap,” kata Jokowi dalam siaran persnya, Minggu, 25 Oktober.

Ia juga telah memberi instruksi kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan, serta menteri-menteri terkait lainnya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam penangan kabut asap.

“Padamkan api, hilangkan asap, dan segera bantu korban kabut asap,” tukas Jokowi.

Sementara itu, anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan persnya mengatakan kunjungan resmi Jokowi yang merupakan undangan resmi Presiden AS Barack Obama ini, bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral Indonesia-AS, utamanya di bidang perdagangan dan investasi, ekonomi digital dan kreatif, pengembangan toleransi, dan demokrasi. 

Dalam kunjungan ini,selain bertemu Obama, Jokowi juga akan melaksanakan serangkaian pertemuan dengan pengusaha AS dan akan menyampaikan policy speech di Brooking Institute yang merupakan think tank berpengaruh di dunia. 

“Dengan ini diharapkan akan mendorong investasi ke Indonesia yang manfaatnya akan dirasakan oleh rakyat Indonesia,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga akan mendengar dan melihat langsung kisah sukses AS dalam membangun ekonomi digital dan kreatif.

“Saya ingin rakyat Indonesia, khususnya dunia usaha nasional, dapat meningkatkan kualitas produksi dan daya saing dengan memanfaatkan teknologi,” kata Presiden. 

Di samping itu, menurut Jokowi, pengembangan ekonomi digital dan kreatif, manfaatnya akan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang berada di pedesaan.

Adapun tema kunjungan resmi ke AS kali ini adalah “Mengembangkan Kemitraan Strategis untuk Perdamaian dan Kesejateraan Bersama”. 

Hal ini menggambarkan keyakinan Jokowi bahwa Indonesia dan AS merupakan dua negara dan bangsa yang besar. 

Dengan begitu, kerja sama di antara kedua negara bukan hanya dapat membawa kesejahteraan bagi rakyat di kedua negara namun juga akan memberi manfaat bagi stabilitas dunia.

Sekitar pukul 12:11 waktu setempat atau 03:00 WIB, Jokowi dan rombongan transit di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi Uni Emirate Arab untuk selanjutnya terbang kembali sampai ke Schipol Amsterdam, Belanda, untuk transit yang kedua kalinya. 

Dari situ Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, AS, untuk memulai kunjungan resmi. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!