Berkenalan dengan Grace Walia, Miss India Indonesia 2015

Ayu Meutia Azevy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berkenalan dengan Grace Walia, Miss India Indonesia 2015
Grace Walia yang hidup di dua budaya, Indonesia dan India, melihat perempuan muda kedua negara sebagai kaum yang berpegang teguh pada prinsip

Seperti gadis 18 tahun pada umumnya, Grace Walia adalah sosok perempuan muda yang hangat dan energik. Tapi, yang membuat Grace berbeda adalah bakat dan keberanian yang ia miliki, hingga ia menyabet gelar Miss India Indonesia 2015. 

Grace meluangkan waktu bercerita tentang pengalamannya mewakili Indonesia dalam kompetisi Miss India Worldwide di Mumbai bulan lalu dan juga tentang apa yang membuatnya tumbuh menjadi wanita muda berprestasi.

Perempuan muda kreatif yang percaya diri

Lahir di Jakarta dan dibesarkan oleh orang tua dari dua budaya berbeda — ayah berasal dari Medan dan ibu berasal dari New Delhi, India — membuat Grace berkembang menjadi sosok yang multikultural. 

Dengan tradisi India yang sangat melekat di kehidupannya, Grace menyukai masakan khas Punjabi dan tidak melewatkan tarian Bhangra di setiap perayaan keluarga. Tumbuh di dalam keluarga yang penyayang, ia selalu mendapat dukungan tanpa terkecuali untuk meraih mimpinya.

Semenjak kecil Grace menyadari dirinya mempunyai jiwa yang kreatif, ia menggunakan ajang kontes kecantikan untuk mengasah bakat yang ia miliki. 

“Saya memberikan kredit kepada Miss India Indonesia karena sudah membangun saya menjadi sosok yang lebih baik,” ujar Grace dengan rendah hati.

Tidak sekadar menawan, Grace juga memiliki minat di bidang akting. Kerja kerasnya terbayarkan saat ia dinobatkan sebagai Miss Bollywood Diva dalam ajang Miss India Worldwide pada bulan September lalu. 

Grace sendiri merasa bangga karena dapat mewakilkan Indonesia di dalam kontes berskala internasional ini. 

Meskipun ia harus menghabiskan ulang tahun ke-18 yang jatuh pada hari kedua karantina berdiri dan berjalan dalam sepatu hak tinggi selama 10 jam, Grace mengaku sangat senang. 

Dengan gelar Miss Bollywood Diva yang ia raih, ia berharap dapat melebarkan sayapnya ke dunia akting professional.

Di dalam kompetisi Miss India Worldwide, Grace menampilkan bakat aktingnya dalam peran The Daughter of India yang diangkat dari sebuah puisi yang berjudul A Few Threads karya sastrawan Bengali bernama Baisali Chatterjee Dutt.  

Untuk menghayati penampilan dan menciptakan persembahan yang maksimal, Grace berlatih selama tiga bulan dengan mentornya asal Indonesia, Putri Minangsari. 

Untuk urusan akting, ia mengidolakan aktor Ranbir Kapoor dan aktris Deepika Padukone.

Putri kecantikan dengan segudang harapan

Miss India Indonesia membangun Grace Walia menjadi sosok yang lebih baik. Foto dokumentasi Grace Walia

Grace tidak segan untuk menyuarakan pendapat dan kepeduliannya tentang perlindungan wanita dari kekerasan. Ia yakin pemberdayaan perempuan adalah kunci untuk mengakhiri kekerasan dan ketidakadilan yang dialami oleh perempuan. 

Sebagai gadis yang hidup di dua budaya, Grace melihat perempuan muda Indonesia dan India sebagai kaum yang berpegang teguh kepada prinsip dan percaya bahwa mereka dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat. 

Dalam kapasitasnya sebagai Miss India Indonesia, Grace berharap ia bisa memberikan sumbangsih untuk menginspirasi kaum perempuan untuk mengenal diri mereka lebih baik, mendapatkan pendidikan yang layak, dan meraih kehidupan yang selama ini mereka impikan.

“Kecantikan sejati adalah memberikan yang terbaik dari diri kita. Tidak hanya kepada masyarakat luas, tapi juga untuk diri sendiri. Dan, menyadari bahwa selalu ada kesempatan untuk terus belajar hal-hal baru untuk mengembangkan diri,” begitu Grace mendeskripsikan makna dari true beauty

Meskipun sudah tidak asing lagi dalam panggung kontes kecantikan, penggemar berat aktor Inggris Benedict Cumberbatch ini bisa mati gaya kalau lupa membawa earphones. “Aku adalah orang yang suka mendengarkan musik. Kalau earphones enggak ada di dalam tasku, aku bisa sedih banget,” ungkapnya.

Ternyata ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari semangat Grace Walia. Kepada perempuan muda ia berpesan untuk terus meniti mimpi, kenali diri secara baik, serta terus belajar dan mengedukasi diri, dan go out there, tunjukkan siapa dirimu kepada dunia.

Kenali Grace Walia dan kegiatannya lebih dekat di Facebook Fan Page nya dan Facebook Fan Page Miss India Indonesia. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!