Selasa, 10.000 buruh demo di Jakarta tolak RPP Pengupahan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Selasa, 10.000 buruh demo di Jakarta tolak RPP Pengupahan

DANY PERMANA

10.000 buruh dari 12 provinsi di Indonesia akan unjuk rasa di depan Istana Negara, Selasa, 27 Oktober 2015

JAKARTA, Indonesia — Sekitar 10.000 buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) dari 12 provinsi se-Indonesia akan bergerak menuju Istana Negara, Jakarta, untuk menolak Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait pengupahan sebagai bagian Paket Kebijakan Ekonomi jilid 4 Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Selasa nanti (27 Oktober), sepuluh ribu buruh yang tergabung dalam SPN dari dua belas provinsi akan bergerak menuju Istana Presiden Jakarta untuk menolak RPP pengupahan,” kata Ketua DPP SPN Iwan Kusmawan, Minggu, 25 Oktober.

Iwan mengatakan, rencana mobilisasi puluhan ribu buruh SPN se Indonesia telah dibahas dalam rapat koordinasi dengan pengurus se-Jabodetabek dan Sukabumi pada Sabtu kemarin, 24 Oktober, di Tajur, Kota Bogor. 

Ia mengatakan, penolakan keras terhadap RPP Pengupahan itu,karena tidak melibatkan serikat pekerja di Dewan Pengupahan. Selain itu, kenaikan upah berpatokan pada inflasi dan perkembangan ekonomi dan tidak lagi mengacu pada kebutuhan hidup layak (KHL). 

“Sangat jelas kebijakan ini bertentangan dengan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” kata Iwan. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!