7 cara mudah turunkan berat badanmu

Stephen Hardy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

7 cara mudah turunkan berat badanmu
Diet sering dianggap menakutkan. Tapi kalau kamu tahu caranya, diet enggak akan buat sengsara kok

Kata “diet” itu pada umumnya tidak dianggap sebagai hal yang menyenangkan. Mengatur pola makan tentunya tidak mudah bgai semua orang, apalagi dengan gaya hidup perkantoran yang cukup sibuk. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memulai dengan kiat-kiat diet mudah yang tidak akan membuatmu sengsara, seperti…

Minum 2 gelas air sebelum makan

Percaya atau tidak, badan manusia itu hampir 60% terdiri dari air. Air tidak hanya membantu fungsi fisiologi badan kita, tetapi memiliki peran besar dalam penurunan berat badan dan peningkatan metabolisme

Majalah Time juga menerbitkan sebuah artikel yang mengatakan bahwa meminum beberapa gelas air putih sebelum makan pagi, siang, atau malam akan membuat kalian merasa kenyang lebih cepat. Tunggu apa lagi? Ayo, minum air.

Kunyah makananmu

Makanan itu memang enak rasanya. Namun kadang orang sering lupa betapa pentingnya mengunyah makanan. 

Selain membantu proses pencernaan, mengunyah dengan baik juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih cepat. Sebuah studi dari Harbin Medical University menemukan bahwa mengunyah makanan sebanyak 40 kali dapat menurunkan jumlah ghrelin, hormon yang membuat kita merasa lapar.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas pentingnya menghitung kalori, dan inilah salah satu alasan mengapa gula sebaiknya dihindari. 

Minuman kemasan seperti jeruk, teh, kopi, dan soda mengandung banyak gula — dan kalorinya cukup tinggi. Ingat bahwa jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kamu menghitung kalori yang masuk ke dalam badan kalian. 

Satu minuman yang disebutkan di atas bisa mengandung sampai 100 kalori. Misalnya, kamu minum sampai 3 kali dalam 1 hari, itu sudah 300 kalori. Sama dengan satu porsi cheeseburger.

Hindari makanan terproses

Jika ingin dietmu sukses, sebaiknya kamu menghindari makanan-makanan yang sudah diproses. Pada umumnya, makanan dalam kemasan yang rasanya renyah, gurih, ataupun manis itu tidak memiliki banyak gizi, dan kalorinya juga cukup tinggi. 

Daripada beli snack yang tidak sehat, sebaiknya membeli buah pepaya, jambu, ataupun semangka dari tukang rujak saja. 

Ciptakan lingkungan yang mendukung

Apakah kamu menyimpan banyak minuman manis, gorengan, coklat, dan berbagai jenis snack di rumahmu? Sebaiknya makanan-makanan tersebut kamu buang saja. Atau jika takut mubazir, berikan kepada teman. 

Ciptakan lingkungan yang mendukung pola hidup sehat barumu. Jika kamu pulang dari kerja dan melihat ada gorengan dengan cabe rawit, kemungkinan kamu menyantap makanan tersebut sangatlah tinggi. 

Jangan hindari karbohidrat

Karbohidrat seperti nasi, kentang, dan bakmi sepertinya dilihat sebagai penjahat dalam dunia diet. Memang benar karbohidrat pada umumnya mengandung banyak kalori, tetapi jika kamu sama sekali tidak memakan karbohidrat, rasanya tidak enak juga. 

Sebaiknya, kamu mengurangi porsi karbohidrat hingga setengah saja. Jangan dihindari, tapi dikurangi. 

Sering minum teh hijau 

Ingat tadi kita membahas kebiasaan makan snack yang tidak sehat? Misalnya kamu lapar saat kerja, seduhlah teh hijau tanpa gula. 

Teh hijau mengandung banyak antioksidanyang dapat mencegah kanker. Selain itu, teh hijau juga mengandung sedikit kafein yang akan mencegah rasa lapar.

Ingat bahwa kamu sebaiknya menyeduh teh hijau sendiri. Kebanyakan dari teh hijau yang dijual dalam kemasan mengandung banyak gula. —Rappler.com

Ini adalah seri pertama dari cara-cara mudah menurunkan berat badan oleh Brodibalo. Sering-sering kunjungi Rappler Indonesia dan nantikan seri berikutnya.

BACA JUGA:

Stephen “Brodibalo” Hardy adalah sarjana Medical Science dengan passion di fitness.

Ada pertanyaan seputar kebugaran? Follow Instagram @brodibalo dan berikan pertanyaanmu di Ask.fm/Brodibalo. Jangan lupa mention Rappler Indonesia! 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!