Petisi cabut sanksi Rossi sudah ditandatangani lebih dari setengah juta orang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Petisi cabut sanksi Rossi sudah ditandatangani lebih dari setengah juta orang

AFP

Yamaha juga ajukan keberatan atas sanksi yang diberikan MotoGP Race Director kepada Valentino Rossi

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Petisi yang meminta mencabut sanksi bagi Valentino Rossi sudah mencapai lebih dari 500 ribu tanda tangan, hanya dalam dua hari setelah diluncurkan. Pada Kamis siang pukul 10.30 WIB, jumlah tanda tangan sudah mencapai 503.879.

Petisi ditandatangani oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Halaman petisi yang semula berbahasa Inggris telah diterjemahkan dalam 17 bahasa lain, yaitu Cek, Tiongkok, Denmark, Belanda, Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Polandia, Portugis, Norwegia, Rumania, Rusia, Slovenia, Spanyol dan Ukraina.

Rossi mendapatkan sanksi berupa pengurangan poin dan akan memulai pertandingan di urutan terakhir dalam balapan pamungkas MotoGP tahun ini di Valencia, Spanyol.

Sebelumnya, Rossi dianggap dengan sengaja menyebabkan pembalap Honda Marc Marquez lepas kendali hingga keluar dari lintasan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Hukuman atas tindakan Rossi dalam MotoGP Malaysia pada Minggu, 25 Oktober, kemarin menimbulkan pro dan kontra.

Menurut laporan AFP, Senin siang, 26 Oktober, tim Yamaha mengajukan banding atas hukuman yang diberikan MotoGP Race Director kepada pembalap mereka.

“Sangat jelas terlihat dari video rekaman helikopter (di Sepang) bahwa saya tidak bermaksud membuatnya kecelakaan, saya hanya ingin dia kehilangan waktu dengan membuatnya sedikit keluar garis lintasan agar dia melambat, karena dia melakukan permainan kotornya, bahkan lebih buruk dari (MotoGP) Australia,” kata Rossi.

Tak ketinggalan, seorang netizen bernama Nicholas Davis dari Inggris membuat petisi agar MotoGP Race Director dan FIM Officials bersedia menarik kembali keputusan mereka untuk menghukum Rossi.

Menurut Davis hukuman yang diberikan badan otoritas MotoGP kepada Valentino Rossi merupakan keputusan yang mencoreng nama baik penyelenggaraan balap motor dunia ini.

You have to condoned dirty racing tactics by punishing Valentino Rossi for pursuing the championship whilst being harrased and sabotaged by Marc Marquez. (Kalian mengijinkan praktek strategi yang kotor dalam balapan dengan menghukum Valentino Rossi, yang sedang mengejar gelar dunia championship dan selalu dipermalukan dan disabotase oleh Marc Marquez),” tulis Davis dalam petisinya di Change.org.

Davis meminta agar para pihak yang berwenang menarik kembali hukuman atas Rossi sehingga The Doctor dapat kembali melanjutkan persaingannya dengan Lorenzo menuju gelar juara dunia MotoGP tahun ini dengan adil, melalui babak kualifikasi seperti yang seharusnya terjadi.

Apakah kamu juga tidak setuju dengan hukuman atas Rossi? Kamu bisa tanda tangani petisinya di sini.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!