Indonesia wRap: Hasil pertemuan Jokowi dan Obama, laporan Rappler dari Palangkaraya #melawanasap

Famega Syavira

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: Hasil pertemuan Jokowi dan Obama, laporan Rappler dari Palangkaraya #melawanasap
Lahan-lahan yang habis terbakar di Tangkiling, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tampak sudah mulai ditanami kelapa sawit.


Reporter Rappler sedang berada di Kalimantan Tengah untuk meliput langsung kebakaran hutan dan kabut asap yang terjadi di daerah itu. Kami menemukan lahan bekas terbakar yang kini mulai ditanami sawit, bertemu mereka yang bertugas memadamkan api, bertemu warga dan juga mengunjugi orang utan. Silakan baca laporan selengkapnya di Rappler Indonesia.

  • 2. LINGKUNGAN

    Sehabis api, terbitlah sawit baru di Palangkaraya
    Lahan-lahan yang habis terbakar di Tangkiling, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tampak sudah mulai ditanami kelapa sawit.

    Lahan yang masih hitam bekas terbakar sudah penuh tunas sawit hijau. Hingga kini belum diketahui siapa yang menanami lahan-lahan tersebut. Saksikan sendiri videonya.

  • 3. POLITIK

    AS tawarkan bantuan 2,7 juta dollar untuk #melawanasap 
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan antara Jokowi dan Obama di Ruang Oval, Gedung Putih, banyak dibicarakan mengenai kebakaran lahan di Indonesia.

    “Dari pihak Amerika Serikat, saya berbicara dengan Duta Besar Amerika Serikat sudah ada komitmen untuk membantu senilai 2,7 juta dollar AS,” kata Retno kepada wartawan dalam keterangan pers di Washington, Senin malam waktu setempat.

    Bentuk bantuan yang akan diberikan AS, tentunya adalah bantuan yang diperlukan oleh Indonesia. Baca pidato lengkap Jokowi dan Obama dalam pertemuan tersebut.

  • 4. KEBAKARAN

    Kebakaran hutan di berbagai gunung di Jawa
    Kebakaran hutan di Gunung Lawu yang merambah wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, semakin meluas. Bahkan kebakaran sudah memasuki area yang sangat dekat dengan pemukiman penduduk.

    Demikian juga yang terjadi di Semeru. Kebakaran hutan di Gunung Semeru mulai mendekati pemukiman warga di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

    “Jarak lokasi kebakaran hutan Semeru dengan pemukiman warga di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pronojiwo, sekitar 1 kilometer.” Selengkapnya baca di sini.

    5. MOTOGP

    Petisi cabut sanksi Valentino Rossi 
    Patisi sudah mencapai lebih dari 387 ribu tanda tangan. Rossi mendapatkan sanksi berupa pengurangan poin dan akan memulai pertandingan di urutan terakhir dalam balapan pamungkas MotoGP tahun ini di Valencia, Spanyol.

    Rossi dianggap dengan sengaja menyebabkan pembalap Honda Marc Marquez lepas kendali hingga keluar dari lintasan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan. Reaksi Rossi atas hukuman itu bisa dibaca di sini..

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!