Project Loon dari Google X akan mengudara di Indonesia tahun 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Project Loon dari Google X akan mengudara di Indonesia tahun 2016

AFP

Project Loon akan membawa Internet ke daerah terpencil di Indonesia dengan bantuan operator Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata

JAKARTA, Indonesia — Perusahaan teknologi ternama Google akan memulai percobaan proyek terbaru mereka, Project Loon, pada 2016 mendatang di Indonesia.

Project Loon adalah sebuah balon helium yang terbang di stratosfer membawa jaringan Internet, bekerja sama dengan tiga operator jaringan seluler di Indonesia, menurut keterangan Google yang dirilis pada Rabu, 28 Oktober.

Proyek ini akan berusaha membawa koneksi Internet ke daerah terpencil yang tak terjangkau sebelumnya, dengan menggunakan balon berteknologi tinggi.

Menurut keterangan Google, balon ini dapat terbang dua kali lebih tinggi dari pesawat komersil, sehingga akan berada di atas awan dan akan sulit terlihat dengan mata telanjang.

Percobaan pertama dari Project Loon telah dilakukan di Selandia Baru pada 2013.

Menurut penuturan Wakil Presiden Project Loon Mike Cassidy, Indonesia dianggap sebagai lokasi percobaan yang baik untuk proyek ini, karena sejauh inihanya sepertiga dari 250 juta penduduk yang dapat mengakses Internet. Koneksi Internet yang ada juga cenderung lambat.

“Dalam beberapa tahun ke depan, kami berharap Loon dapat memberikan koneksi Internet LTE yang cepat kepada lebih dari 100 juta penduduk Indonesia, yang akan membantu mereka untuk mengakses pendidikan, kebudayaan, dan kesempatan ekonomi yang tanpa batas melalui Internet,” kata Cassidy.

Uji coba yang dilakukan di Indonesia pada 2016 mendatang akan bekerja sama dengan Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata.

Menurut laporan Tech in Asia, proyek ini akan dimulai pada awal 2016 selama 12 bulan, menggunakan frekuensi 900 Mhz di lima titik di atas Sumatera, Kalimantan, dan Papua Timur.

Pada Juli lalu, pemerintah Sri Lanka juga telah menandatangani persetujuan dengan Google untuk menerbangkan Loon di atas kepulauan di Samudera Hindia pada tahun ini.

Sebelumnya juga telah dilakukan uji coba Project Loon di Amerika Serikat, Brazil, dan Australia.

Project Loon merupakan bagian dari Google X, sebuah laboratorium milik Google yang banyak melakukan eksperimen teknologi yang unik, seperti mobil tanpa pengemudi, yang berada di bawah perusahaan induk Google, Alphabet. —Laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!