PH collegiate sports

Rupiah hari ini: Sempat menguat namun melemah jelang sore

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Sempat menguat namun melemah jelang sore
Analis menilai bahwa situasi ini dipicu oleh pernyataan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bank sentral Amerika Serikat (The Fed)

JAKARTA, Indonesia — Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat ke level Rp 13.562 per dolar AS dari sebelumnya Rp 13.630 per dolar AS pada sehari sebelumnya.

Demikian berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia yang dikeluarkan pada Kamis, 29 Oktober.

Namun demikian, memasuki sore hari rupiah dilaporkan bergerak melemah meskipun masih berada di atas levelnya kemarin, hingga level Rp 13.608 per dolar AS.

Analis menilai bahwa situasi ini dipicu oleh pernyataan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bank sentral Amerika Serikat (The Fed) pasca pertemuan rutin mereka pada Selasa, 27 Oktober, hingga Rabu, 28 Oktober, waktu setempat.

Dalam pernyataan resminya, FOMC kembali mempertahankan tingkat federal funds rate di level 0 hingga 0,25 persen namun membuka kemungkinan untuk menaikkannya pada Desember mendatang, saat pertemuan rutin FOMC kembali digelar. 

“Pernyataan the Fed pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal Oktober ini memberi sinyal kenaikan suku bunganya di bulan Desember tahun ini.

The Fed tidak lagi menunjukkan kekhawatiran terhadap dampak negatif dari lesunya ekonomi global,” kata Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong di Jakarta, Kamis. —Laporan Antara/Rappler.com 

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!