Dari presiden pindah kantor ke daerah bencana asap sampai syuting AADC 2

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari presiden pindah kantor ke daerah bencana asap sampai syuting AADC 2
Kapolri menerbitkan 'hate speech' untuk memberikan efek jera bagi pelaku ujaran kebencian

JAKARTA, Indonesia—Presiden Joko “Jokowi” Widodo memutuskan untuk berkantor sementara di daerah asap, perkembangan kabut asap terkini dari Palangkaraya, hingga syuting Ada-Apa dengan Cinta. 

Berikut rangkuman lengkapnya: 

Presiden berkantor di daerah bencana asap 

Presiden Jokowi tiba di Palembang pada Kamis, 29 Oktober. Rencananya Jokowi akan berkantor di Ibukota provinsi Sumatera Selatan tersebut selama tiga hari ke depan.

Jokowi membatalkan sebagian agenda kunjungannya di Amerika Serikat untuk memantau langsung bencana kabut asap yang belum teratasi. 

Sementara itu, menurut Greenpeace Indonesia, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan Indonesia yang terjadi sejak lebih dari dua bulan lalu berpusat di Sumatera dan Kalimantan.

Namun menurut hasil penelitian Greenpeace, saat ini terjadi kenaikan jumlah titik api di Papua secara signifikan. Dari setidaknya 112.000 titik api sejak 1 Agustus hingga 26 Oktober, 10 persennya berada di Papua.

“Salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah sepuluh persen titik api ditemukan di Papua, wilayah terbaru bagi pengembangan industri perkebunan,” ujar juru kampanye hutan Greenpeace Indonesia Teguh Surya saat acara peluncuran hasil penelitian Greenpeace di Jakarta, Kamis, 29 Oktober.

“Kebakaran pada skala ini belum pernah terjadi sebelumnya di Papua.”

Berbeda dengan Papua, di Palangkaraya, hujan deras mulai turun. Saksikan videonya di sini. 

Tapi jumlah anak penderita ISPA di kota itu masih tinggi. Baca selengkapnya di sini. 

Kapolri terbitkan surat edaran ‘hate speech’ 

Kepala Polisi RI Jenderal Badrodin Haiti membenarkan telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No. SE/6/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian (hate speech). Surat tersebut dikeluarkan pada 8 Oktober lalu.

“Sudah diteken dan sudah dikirim ke Polda-Polda untuk diteruskan sampai ke Polsek,” kata Badrodin, Kamis, 29 Oktober.

Badrodin mengatakan, surat edaran itu merupakan penegasan dari KUHP terkait penanganan perkara yang menyangkut ujaran kebencian.

Ia berharap dengan diterbitkannya surat edaran ini akan memberikan efek jera bagi kelompok yang gemar membuat pernyataan yang tidak bertanggung jawab.

Apa yang dimaksud hate speech? Baca selengkapnya di sini. 

Pengesahan RUU APBN 2016 masuki tahap rapat kerja banggar dan pemerintah

Proses pengesahan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) 2016 memasuki tahap rapat kerja Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Banggar DPR RI) dan pemerintah pada Kamis, 29 Oktober sore.

Rencananya, hasil rapat sore ini akan dibawa ke sidang paripurna DPR untuk pengesahan RUU APBN 2016 besok.

Hingga saat ini, sembilan dari sepuluh fraksi telah menyepakati rancangan yang dihasilkan oleh empat Panitia Kerja (Panja) RUU APBN 2016. Rancangan inilah yang dibawa ke rapat kerja bersama pemerintah yang direpresentasikan oleh Kementerian Keuangan.

Sementara itu satu fraksi yang masih menolak adalah fraksi Partai Gerindra. Baca selengkapnya di sini. 

Mantan top skorer ditunjuk sebagai pelatih Persija

PERSIJA JAKARTA. Persija, tim kebanggaan The Jakmania ini kini telah memiliki pelatih baru. Foto dari persija.co.id Pelatih baru itu adalah Bambang Nurdiansyah. Dia direkrut setelah manajemen sempat memilah-milah dari beberapa nama kandidat calon pelatih Macan Kemayoran. Banur, sapaan karibnya, resmi mencapai kata sepakat dengan Persija pada Kamis, 29 Oktober siang.

Ketua klub Persija, Ferry Paulus, saat dikonfirmasi membenarkan penunjukan tersebut. Meski belum ada pengumuman penandatangan kontrak resmi, tapi Banur sudah menyiapkan program.

“Kami sudah mencapai deal dengan Bambang Nurdiansyah. Deal ini hanya untuk di turnamen Piala Jenderal Sudirman ini,” katanya saat dihubungi, Kamis.

Syuting AADC 2 dimulai! 

Lanjutan film drama Ada Apa Dengan Cinta? akan diputar pada 2016. Foto screenshot dari Youtube Film yang sudah dinanti selama dua belas tahun, Ada Apa Dengan Cinta? 2, akhirnya sudah memulai proses syuting pada Rabu, 28 Oktober 2015.

Sedangkan untuk Dian Sastrowardoyo, pemeran Cinta dalam AADC? 2, barumelakukan shooting perdananya Kamis kemarin. Lihat foto-foto mereka di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!