Indonesia

Bandara ditutup, Wakil Presiden India tertahan di Bali

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bandara ditutup, Wakil Presiden India tertahan di Bali

EPA

Wakil Presiden Hamid Ansari seharusnya meninggalkan Bali pada Rabu sore

 

KUTA, Indonesia — Tak hanya calon penumpang penerbangan komersial yang terdampar di Bali. Wakil Presiden India, Hamid Ansari, yang berencana meninggalkan Bali menggunakan pesawat kepresidenan juga tertahan. 

“Seharusnya beliau sudah lepas landas sore ini (Rabu),” kata Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Yusfandri Gona, Rabu, 4 November. 

Pesawat kepresidenan “Air India” terpaksa masih diparkir di apron Bandara Ngurah Rai. Namun pesawat ini aman. Yusfandri mengatakan pesawat-pesawat tersebut dilindungi oleh petugas dari debu vulkanik Gunung Barujari yang meletus Selasa, 3 November. 

“Kami sudah menerapkan untuk prioritas pesawat untuk medis dan kepala negara atau ‘VVIP’,” kata Yusfandri.

Ansari berada di Pulau Dewata dalam rangkaian kunjungan kenegaraan di Indonesia. Di Denpasar, ia meresmikan patung Mahatma Gandi di Universitas Udayana (Unud).

Selain itu Hamid juga mengunjungi Museum Pasifika di Nusa Dua, menghadiri jamuan makan malam oleh Gubernur Bali, dan mengunjungi objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan. Sebelumnya ia sempat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Musik menghibur mereka yang terdampar di bandara

Ribuan calon penumpang berbagai maskapai terpaksa menanti di Bandara Ngurah Rai di Bali, menunggu sampai penerbangan kembali bisa dilakukan, setelah penutupan bandara sejak Selasa, 3 November.

Untuk menghibur mereka, pihak bandara menghadirkan pertunjukkan live music, menghadirkan dua penyanyi pria dan wanita dengan iringan gitar, di terminal keberangkatan internasional. 

“Musik itu untuk menghibur para calon penumpang yang telantar. Tujuannya agar rasa bosan mereka bisa diminimalkan,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Trikora Harjo, Rabu, 4 November. 

Beberapa calon penumpang ikut menyanyi dan mengabadikan penampilan grup musik akustik tersebut. 

“Cukup menghibur setidaknya mengisi kekosongan waktu kami menunggu,” kata seorang calon penumpang bernama Hendric dari Lithuania yang hendak kembali ke negara asalnya. — Laporan dari Antara/Rappler

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!