FOTO: Keceriaan Mary Jane saat menonton pertunjukan seni

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Keceriaan Mary Jane saat menonton pertunjukan seni

GATTA DEWABRATA

Senyuman yang menghiasi wajah Mary Jane bertolak belakang dengan saat ia dijadwalkan akan dieksekusi pada April 2015.

JAKARTA, Indonesia — Perempuan asal Filipina Mary Jane Veloso, terpidana mati dalam kasus penyelundupan narkoba, tertangkap kamera sedang menikmati pertunjukan seni pada Senin, 9 November.

Menggunakan baju berkerah dengan warna biru muda yang dipadukan dengan celana jeans dan jam tangan ungu, Veloso terlihat bahagia dan santai, sambil bertepuk tangan, tersenyum, sekaligus menyemangati para pengisi acara. Dia juga terlihat tertawa bersama narapidana lainnya saat menonton pertunjukan seni di Lapas IIB Yogyakarta.

Keceriaan yang menghiasi wajah Mary Jane bertolak belakang dengan saat ia hampir dieksekusi mati pada April lalu. Veloso menjadi populer setelah ia berhasil batal dieksekusi pada 29 April.

Sedangkan delapan orang lainnya — tujuh warga negara asing dan satu warga negara Indonesia — dieksekusi di Pulau Nusakambangan setelah Indonesia tidak mengacuhkan kritik dunia internasional terhadap hukuman mati. Veloso lolos dari hukuman tersebut berkat permohonan dari Presiden Filipina di saat-saat terakhir.

“Ada seseorang yang menyerahkan diri hari ini. Dia mengaku sebagai orang yang merekrut Mary Jane,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo waktu itu. 

Pada 2010, pengadilan di Indonesia memvonis mati Veloso karena terlibat penyelundupan narkoba. Veloso, seorang ibu dua anak yang berasal dari Nueva Ecija, Filipina, pergi ke Malaysia untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga. Veloso mengaku bahwa perekrutnya, Maria Kristina Sergio, adalah orang yang memintanya untuk terbang ke Indonesia sambil membawa koper yang berisi 2,6 kilogram heroin.

Saat ini Veloso masih berstatus sebagai terpidana mati, namun tanggal eksekusinya belum ditentukan hingga saat ini.

Seluruh foto oleh Rappler.

– Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!