Indonesia

Surat kabar Perancis: Ini seperti perang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Surat kabar Perancis: Ini seperti perang
Koran-koran ini juga mengaitkan antara serangan Jumat malam ini dengan peristiwa berdarah Charlie Hebdo yang terjadi pada Januari lalu, dan menewaskan 17 orang

JAKARTA, Indonesia—Media massa di Perancis ramai-ramai menggunakan kata “perang” di halaman depan mereka, Sabtu, 14 November. 

“Kali ini adalah perang,” tulis koran harian Le Parisien daily di tajuk utamanya. 

Koran harian Le Figaro juga mengatakan kata “Perang di tengah Kota Paris” untuk menggambarkan mencekamnya kota paling romantis di dunia itu. 

L’Equipe, tabloid olahraga menggunakan satu kata di halaman depannya, “L’Horreur” alias horor. 

Hampir semua media massa di sana bereaksi sama, mereka menyebut insiden ini sebagai peristiwa horor setelah 153 orang tewas dalam insiden penembakan dan peledakan bom di tiga tempat di Paris pada Jumat, 13 November. 

Selanjutnya, koran-koran harian ini menuliskan pesan yang kuat untuk memperingati insiden berdarah pada Jumat malam itu:

“Atas nama martir yang sesungguhnya kemarin, dan korban yang tak berdosa, dan atas nama republik, Perancis akan tetap bersatu dan bersama,” tulis Le Parisien.

“Teroris barbar telah melewati garis sejarah,” tulis Liberation. 

Sementara itu, Laurent Joffrin dalam editorialnya mengaitkan peristiwa berdarah tersebut dengan krisis di Timur Tengah. 

“Sangat tidak mungkin tidak mengaitkan peristiwa berdarah ini dengan perang yang sedang berlangsung di Timur Tengah. Perancis ambil bagian di sana.”  

Selain itu, koran-koran ini juga mengaitkan antara serangan Jumat malam ini dengan peristiwa berdarah Charlie Hebdo yang terjadi pada Januari lalu, dan menewaskan 17 orang. 

Mereka menyuarakan solidaritas di tulisannya. “Kami adalah Charlie, kami adalah Paris!” tulis Republique des Pyrenees. — Laporan dari AFP/Rappler.com

BACA JUGA

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!