Rupiah hari ini: Menguat, surplus neraca perdagangan jadi sentimen positif

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Menguat, surplus neraca perdagangan jadi sentimen positif
Kecemasan yang sempat merebak di pasar pasca serangan teroris di Paris juga sudah mulai mereda pada hari ini

JAKARTA, Indonesia — Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa, 17 November, menguat menjadi Rp 13.711 dari Rp 13.732 per dolar AS sehari sebelumnya. Demikian berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Ruly Nova menilai bahwa data neraca perdagangan Indonesia pada Oktober yang mencatatkan surplus sebesar 1, 01 miliar dolar AS menjadi salah satu sentimen positif bagi pasar. 

“Selain sentimen data neraca perdagangan Indonesia, faktor teknik menambah dorongan bagi mata uang rupiah kembali mengalami penguatan di tengah sentimen perlambatan ekonomi global,” kata Rully di Jakarta, Selasa.

Prediksi analis pada akhir pekan lalu bahwa nilai tukar rupiah yang melemah berpeluang untuk mengalami rebound, mulai terbukti. Sebelum melemah pada Jumat pekan lalu, kurs rupiah terhadap dolar AS terus menguat selama tiga hari sebelumnya.

Menurut Rully, kecemasan yang sempat merebak di pasar pasca serangan teroris di Paris juga sudah mulai mereda pada hari ini. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!