LIVE BLOG: Aksi Kamisan 19 November

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE BLOG: Aksi Kamisan 19 November
Komunitas Aksi Kamisan menolak tunduk pada aturan baru. Mereka berkukuh ingin beraksi di depan Istana Negara, agar dapat disaksikan oleh Jokowi

JAKARTA, Indonesia — Aksi Payung Hitam Kamisan yang digelar di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Kamis pekan kemarin adalah yang ke-419 kali, dan mungkin yang terakhir kali sejak pihak kepolisian melarang aksi digelar di lokasi tersebut. 

Polisi, dengan dalih Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, melarang aksi unjuk rasa dilakukan di sepanjang 100 meter dari objek vital, termasuk Istana Negara.

Namun komunitas Aksi Kamisan menolak tunduk pada aturan tersebut. Mereka berkukuh ingin beraksi di depan Istana Negara agar dapat disaksikan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo. 

Aksi Kamisan digagas oleh keluarga korban kekerasan dan pelanggaran HAM sejak 2007, dan didukung oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). 

Mereka yang berpartisipasi dalam aksi Kamisan ini antara lain adalah korban kekerasan pada masa Orde Baru, seperti pembantaian massal 1965/1966, penghilangan paksa sejumlah mahasiswa pada 1997/1998.

Juga termasuk dalam pendemo Aksi Kamisan, mereka yang bersimpati pada meninggalnya aktivis HAM Munir Said Thalib pada 2001, sekaligus solidaritas untuk kelompok minoritas seperti Ahmadiyah dan Syiah.

Aksi Kamisan dilakukan dengan cara berdiam diri, membacakan sikap, hingga mendengarkan lagu.

Ikuti perjalanan Aksi Kamisan di depan Istana Negara untuk pertama kalinya setelah pelarangan dengan hastag #SaveKamisan dan pantau lini masa kami di media sosial.

—Rappler.com

BACA JUGA

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!