Indonesia

5 hal yang patut disimak pasca Madrid dibantai Barcelona

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang patut disimak pasca Madrid dibantai Barcelona

AFP

Real Madrid kalah 4-0 dari Barcelona melalui gol Luis Suarez, Neymar, dan Iniesta.

MADRID, Spanyol — Barcelona melaju di puncak klasemen La Liga setelah menghancurkan Real Madrid 4-0 di Santiago Bernabeu, Madrid, pada Minggu, 22 November, dini hari WIB.

Kemenangan tersebut memantapkan Barca sebagai punggawa klasemen sementara dengan selisih enam poin dari Real Madrid di posisi kedua.

Berikut lima hal yang dapat diketahui setelah pertandingan semalam.

Siapa yang butuh Messi?

Sepertinya yang menjadi kunci kemenangan Barcelona semalam bukanlah kehadiran penyerang Argentina Lionel Messi yang baru sembuh dari cedera, melainkan permainan cantik dari Luis Suarez dan Neymar yang bersinar selama Messi absen.

Messi baru masuk ke lapangan setelah Barca menang 3-0 dan tidak menyumbangkan golnya di pesta Barcelona semalam.

Jadi sepertinya, peranan Messi tidak terlalu dibutuhkan oleh skuad Barcelona.

Benitez di tepi jurang

Meskipun hanya kalah dua kali dari 16 pertandingan, hasil melawan Barcelona ini bisa saja menjadi awal dari usainya karir Benitez di Santiago Bernabeu.

Para suporter Madrid meminta presiden klub Florentino Perez untuk mundur dari jabatannya setelah kekalahan memalukan tersebut, namun sepertinya pemecatan Benitez lebih masuk akal.

Ditambah lagi dengan adanya legenda sekelas Zinedine Zidane yang saat ini bertugas sebagai pelatih tim cadangan Madrid, Perez tidak perlu pusing mencari pengganti Benitez.

Penampilan Iniesta yang memukau

Andres Iniesta mendapatkan standing applause dari Madridista karena penampilannya yang gemilang di Santiago Bernabeu. Selain menyumbangkan gol ketiga dalam pertandingan tersebut, peranan sang kapten terasa sepanjang pertandingan.

Sebelumnya pada tahun 2005, Ronaldinho yang juga bermain untuk Barcelona pernah mendapatkan hal serupa dari suporter Madrid.

Apa peranan Bale?

Pertandingan melawan Barcelona tadi malam merupakan game ke 100 Gareth Bale bersama Real Madrid, namun penyerang asal Wales tersebut tidak berhasil menjawab tanda tanya Madridista selama 18 bulan ke belakang.

Bukannya memberikan performa terbaiknya, Bale justru tidak terlihat memberikan peranan yang signifikan dalam permainan. Sepertinya sudah saatnya Madrid melepas striker tersebut ke bursa transfer.

Apakah Sergi Roberto bintang baru dari La Masia?

Sementara Real Madrid untuk pertama kalinya bertanding dengan sepuluh orang pemain internasional, Barcelona justru kembali ke akar dengan menurunkan lima orang lulusan akademi La Masia sejak awal pertandingan.

Salah satunya adalah Sergi Roberto, yang dipuji karena penampilan gemilangnya di posisi kanan selama Messi masih cedera.

Roberto juga bergerak bagaikan Messi, saat ia membantu serangan yang membuahkan gol pertama bagi Barcelona saat pertandingan baru berjalan sebelas menit. —Laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!