Benarkah 6 jenderal disiksa saat peristiwa 30 September 1965?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Benarkah 6 jenderal disiksa saat peristiwa 30 September 1965?
Buku kecil ini berisi sebuah wawancara panjang dengan almarhum Liauw Yan Siang, dokter yang melakukan otopsi enam jenderal pada 1965.

 SAKSI TRAGEDI 1965. Liauw Yan Siang, namanya disebut sebagai dokter yang melakukan otopsi pada enam jenderal pada 1965. Screenshot dari buku

JAKARTA, Indonesia—Tak Ada Penyiksaan Terhadap 6 Jenderal, begitu judul buku saku yang baru saja diluncurkan situs IndoProgress di dunia maya. Buku itu bukan kumpulan opini, melainkan sebuah fakta baru yang disimpan selama 14 tahun terakhir. 

Buku kecil ini berisi sebuah wawancara panjang dengan almarhum Liauw Yan Siang, namanya disebut sebagai dokter yang melakukan otopsi pada enam jenderal tersebut. 

Kontributor IndoProgress, Alfred Ticoalu, melacak keberadaan sang dokter hingga ke Ohio, Amerika Serikat. Wawancara dilakukan empat belas tahun yang lalu dan disimpan rapat oleh Aflred, hingga transkrip wawancaranya kini dibukukan secara utuh apa adanya.  

Made Supriatna, peneliti dan wartawan lepas yang membantu menyusun buku ini menyebut, ada banyak bagian menarik dari wawancara dengan Liauw. 

Dokter keturunan Tionghoa itu menjelaskan tentang bukti visum et repertum. Di dalam visum itu terlihat bahwa para jenderal itu tidak disiksa, tapi menderita luka tembak. 

Tubuh mereka pun tidak dimutilasi. Kelamin mereka utuh. Itulah kesimpulan yang diambil oleh dokter yang melakukan otopsi. 

Dokumen visum et repertum itu sudah banyak dipublikasi. Salinannya dalam bahasa Inggris juga telah dimuat di Jurnal Indonesia. Akan tetapi, tidak banyak orang tahu siapa yang mengerjakan visum tersebut.

Simak wawancara lengkapnya di bawah ini sebagai bacaan alternatif, apakah jenderal-jenderal itu benar disiksa? 

Tak Ada Penyiksaan Terhadap 6 Jenderal

—Rappler.com

BACA JUGA

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!