Arema Cronus menang tipis 1-0 atas Persija Jakarta

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Arema Cronus menang tipis 1-0 atas Persija Jakarta
Gol tunggal kemenangan Singo Edan dicetak oleh Dendi Santoso pada menit 36.

JAKARTA, Indonesia—Persija gagal membawa pulang hadiah kemenangan di hari ulang tahunnya setelah kalah 1-0 dari Arema Cronus pada pertandingan Piala Jenderal Sudirman Sabtu, 28 November.

Pertandingan sempat tertunda selama 30 menit akibat terhalangnya akses kedua tim menuju ke Stadion Kanjuruhan, Malang.

Sejenak sebelum pertandingan dilakukan mengheningkan cipta untuk mengenang manajer Persija Jakarta, Kusheri, yang baru saja meninggal hari ini.

Tim tuan rumah berhasil menguasai jalannya pertandingan. Peluang pertama didapatkan Arema Cronus melalui Syamsul Arif di menit 10, namun tendangan kerasnya masih dapat diblok oleh kiper Reky.

Percobaan jarak jauh kembali dilakukan Arema Cronus, kali ini melalui Esteban Vizcarra, namun kembali dapat dimentahkan oleh Reky Rahayu.

Lima belas menit laga berjalan Cristian “El Loco” Gonzales yang absen pada laga sebelumnya dimasukkan menggantikan Dio Permana.

Pada menit 17 peluang emas didapat El Loco yang sudah berdiri bebas. Namun bola lebih dekat kepada kiper Reky Rahayu.

Menjelang water break, percobaan dari luar kotak penalti terus menerus dilakukan anak asuhan Joko Susilo, kali ini melalui Alfarizi dan Syamsul Arif namun tetap belum bisa menaklukkan Reky Rahayu yang tampil prima pada pertandingan ini. 

Pasa menit 34 Sebuah umpang silang dari Bustomi disambut sundulan keras El Loco, namun dapat ditangkap dengan sempura oleh Reky Rahayu.

Dendi Santoso akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 36. Memanfaatkan bola pantul dari tendangan Gonzales, I Gede Sukadana memberikan umpan kepada Dendi Santoso yang sudah berdiri bebas. Sepakan keras Dendi ke pojok kiri gawang menaklukkan Reky Rahayu. Arema Cronus unggul 1-0. 

Tersentak oleh gol Arema Cronus, Macan Kemayoran coba bangkit. Percobaan melalui tendangan bebas dari tengah lapangan dilakukan Gunawan Dwi Cahyo pada menit 38. Namun masih belum tepat sasaran.

Menjelang peluit akhir babak pertama, tendangan bebas terarah dari Pacho Kenmogne masih dapat diblok oleh kiper Arema Cronus I Kadek Wardana. 

Keunggulan tetap 1-0 untuk Arema Cronus hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, inisiatif serangan tetap dipegang Arema Cronus. Peluang didapatkan Esteban Vizcarra memanfaatkan bola muntah, namun tendangannya belum menemui sasaran.

Pada menit ke 48 pergantian kembali dilakukan kubu Macan Kemayoran. Mbida Messi dan Mahardiga Lasut masuk menggantikan Ramdhani Lestaluhu dan Syahroni.

Peluang emas kembali didapatkan pada menit ke 52 melalui tandukan Christian Gonzales menyambut umpan silang Beny Wahyudi. Namun masih menyamping disisi gawang Reky Rahayu.

Kedua tim melakukan pergantian pemain pada menit ke 65. Dari kubu Singo Edan, F.A. Saragih dan Hendro Siswanto masuk menggantikan Dendi Siswanto. Sedangkan Dari Macan Kemayoran, Vava Mario Yagalo dan A. Ikhwan masuk menggantikan Zikri dan Dedi Hartono.

Menit ke 69, Syamsul Arif yang melakukan solo run berhasil melewati beberapa pemain, namun tendangannya masih belum menemui sasaran.

Dua menit berselang, Esteban Vizcarra kembali mencoba melakukan tendangan jarak jauh. Namun tendangan kerasnya masih dapat ditepis Reky Rahayu.

Sebuah blunder nyaris dilakukan kiper Arema Cronus, I Gede Sukadana, saat bola yang dikuasainya hampir direbut Pacho Kenmogne. Namun dengan sigap berhasil diamankan barisan pertahanan Persija Jakarta.

Akhirnya pertandingan pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Arema Cronus dan membuat Singo Edan bertahan di puncak klasemen Grup A. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!