Gilas Southampton 1-6, Liverpool ke semifinal Piala Liga Inggris

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gilas Southampton 1-6, Liverpool ke semifinal Piala Liga Inggris
Liverpool akan menghadapi Stoke City di semifinal Piala Liga

JAKARTA, Indonesia — Liverpool merengkuh kemenangan telak dengan membantai Southampton 1-6 di hadapan publik St. Mary pada laga perempatfinal Piala Liga, Kamis dini hari, 3 Desember.

Penyerang asal Belgia, Divock Origi, mengemas tiga gol dalam laga ini, sementara Daniel Sturridge membuktikan ia masih memiliki taji meski baru lulus dari ruang pesakitan dengan mengantongi dua gol untuk kemenangan Liverpool. Sedangkan Jordon Ibe turut menyumbangkan satu gol.

Dengan kemenangan tersebut, Liverpool bergabung dengan Manchester City, Everton, dan Stoke City, sebagai empat semifinalis Piala Liga musim ini.

Liverpool sempat tertinggal lebih dulu berkat gol cepat Sadio Mane pada menit pertama, memanfaatkan barisan pertahanan Pasukan Merah yang masih belum teratur dengan baik.

Namun, ketertinggalan tersebut tak lantas membuat anak-anak asuhan Juergen Klopp terpuruk, mereka berusaha bangkit dan sukses menyamakan kedudukan pada menit 25 saat Sturridge mencetak gol pertamanya.

Bola hasil umpan cantik Joe Allen ke dalam kotak penalti sempat dikendalikan sejenak oleh Sturridge sebelum ditanamkannya ke sudut tiang jauh. Southampton 1, Liverpool 1.

Empat menit berselang, giliran umpan berkelas dari Emre Can yang berhasil diselesaikan Sturridge dalam satu sentuhan, sebelum pemain Tim Nasional Inggris itu kembali bergoyang melakukan tarian perayaan lantaran sukses membawa Liverpool berbalik unggul 2-1.

Di pengujung babak pertama, lewat sebuah skema sepak pojok, Alberto Moreno melepaskan tendangan keras ke arah gawang yang sempat membentur Origi sebelum memaksa penjaga gawang Martin Stekelenburg memungut bola untuk ketiga kalinya dari dalam gawang. Gol tersebut dihitung sebagai gol untuk Origi, meski yang menendang adalah Moreno.

Lepas turun minum, Klopp enggan mengambil risiko memainkan Sturridge dala durasi yang berlebihan dan menggantinya dengan Jordon Ibe pada menit 59.

Keluarnya Sturridge tak mengendurkan daya gedor Liverpool, justru Ibe memperlihatkan peran pentingnya dengan menyodorkan bola umpan terobosan yang berujung gol kedua Origi pada menit 68. Southampton 1, Liverpool 4.

Lima menit berselang, Ibe bahkan melengkapi penampilan apiknya sebagai supersub dengan mencetak gol, menyelesaikan bola umpan silang Moreno dengan tendangan menyusur tanah sekaligus membuat Liverpool unggul 5-1 atas tuan rumah.

Unggul empat gol tak membuat Liverpool mengendurkan serangan, bek muda Brad Smith yang masuk menggantikan Moreno pada menit 77, turut ambil bagian dalam pesta gol timnya dengan mengirimkan umpan silang terukur ke Origi yang berdiri tanpa kawalan berarti di dalam kotak penalti.

Origi melengkapi trigolnya, padahal gol pantulan dari Moreno dalam laga tersebut merupakan gol pertamanya di tanah Britania.

Hasil undian semifinal

Sementara itu, di babak semifinal, Liverpool akan menghadapi Stoke City. 

Stoke meraih tiket ke semifinal usai menghentikan langkah tim kasta kedua Sheffield Wednesday dengan skor 2-0 di Britannia Stadium.

Partai lain akan mempertemukan Everton dengan Manchester City.

Everton sebelumnya mengalahkan tim kasta kedua Middlesbrough dengan skor 2-0, sekaligus meruntuhkan mitos kerapatan pertahanan pertahanan Riverside Stadium yang sebelumnya dalam 38 laga terakhir tak pernah kebobolan lebih dari satu gol saat kedatangan tim tamu.

Sedangkan City melangkah ke babak tersebut setelah menyingkirkan Hull City dengan skor cukup telak 4-1 di hadapan publik Etihad.

Laga semifinal yang dilakukan dengan sistem kandang-tandang akan berlangsung pada 4 Januari dan 25 Januari 2016. —Laporan Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!