Rupiah hari ini: Melemah, pasar tunggu data neraca perdagangan Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Melemah, pasar tunggu data neraca perdagangan Indonesia
Rupiah melemah ke level Rp 13.853 per dolar AS karena turunnya cadangan devisa dan koreksi terhadap harga minyak mentah dunia

JAKARTA, Indonesia — Berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Selasa, 8 Desember, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah ke level Rp 13.853 per dolar AS dari nilainya kemarin Rp 13.837 per dolar AS.

Menurut analis, hal ini salah satunya didorong oleh aksi menunggu pelaku pasar, menjelang dirilisnya data neraca perdagangan Indonesia pada pertengahan Desember ini.

Laju mata uang rupiah kembali mengalami pelemahan seiring aksi tunggu pelaku pasar terhadap rilis data neraca perdagangan Indonesia,” kata Kepala riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada di Jakarta, Selasa.

Di sisi lain, menurunnya cadangan devisa memberikan sentimen negatif bagi kurs rupiah. Bank Indonesia mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia akhir November 2015 adalah sebesar 100,2 miliar dolar AS. Menurun tipis dari posisi di akhir Oktober sebesar 100,7 miliar dolar AS.

Reza menambahkan bahwa pelemahan hari ini juga dipicu oleh melemahnya sejumlah mata uang regional menyusul koreksi yang dialami harga minyak mentah dunia. Hal ini berdampak pada harga komoditas global. Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!