Ekonom: Pelaku pasar Indonesia siap hadapi kenaikan suku bunga The Fed

Haryo Wisanggeni

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ekonom: Pelaku pasar Indonesia siap hadapi kenaikan suku bunga The Fed
Untuk pertama kalinya sejak 2008, The Fed tinggalkan Zero Interest Rate Policy (ZIRP). Tingkat 'federal funds rate' kini dinaikkan ke rentang 0,25 -0,5%

JAKARTA, Indonesia — Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed menaikkan tingkat federal funds rate atau suku bunga acuannya sebesar 0,25 persen. 

Keputusan tersebut diambil dalam pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang berlangsung pada Selasa dan Rabu, 15-16 Desember waktu setempat (Kamis dini hari WIB).

Di Tanah Air, pelaku pasar diprediksi telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Wacana kenaikan ini memang telah muncul cukup lama, sejak perekonomian Amerika Serikat mulai mengalami pemulihan.

“Sampai saat ini saya amati dampaknya enggak terlalu signifikan, pelaku pasar sudah mempersiapkan diri. Capital outflow sudah terjadi kemarin itu. Kita sudah bersusah-susah dahulu,” ujar ekonom Universitas Indonesia Berly Martawardaya kepada Rappler, Kamis, 17 Desember.

Terkait dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, Berly mengakui akan timbul tekanan. Meski demikian menurutnya tekanan tersebut tak akan berdampak terlalu signifikan. 

Untuk pertama kalinya sejak 2008, The Fed meninggalkan Zero Interest Rate Policy (ZIRP). Dari rentang 0 sampai 0,25 persen, tingkat federal funds rate kini dinaikkan ke rentang 0, 25 sampai 0,5 persen.


source: tradingeconomics.com

“Melihat prediksi dari situasi perekonomian ke depan dan mempertimbangkan bahwa kebijakan yang diambil membutuhkan waktu untuk mempengaruhi keluaran perekonomian di masa depan, maka komite memutuskan untuk menaikkan rentang angka untuk target federal funds rate,” tulis The Fed dalam keterangan pers resminya. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!