Alasan Ahok tangkap MetroMini? Demi keamanan penumpang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Alasan Ahok tangkap MetroMini? Demi keamanan penumpang

ANTARA FOTO

'Penangkapan MetroMini ini demi memberikan rasa aman untuk penumpang,' kata Ahok

JAKARTA, Indonesia — Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mengatakan bahwa penangkapan Metromini yang tidak layak jalan di wilayah ibu kota bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Yang kami tangkap itu kan MetroMini yang memang sudah tidak layak jalan. Kalau yang masih bagus, ya tetap boleh beroperasi. Penangkapan ini demi memberikan rasa aman untuk penumpang,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 21 Desember.

Menurutnya, MetroMini selama ini kerap membahayakan, baik bagi penumpangnya maupun pengendara lain, sehingga harus ditindak tegas. 

“Bukan cuma bagi para penumpang, MetroMini juga sering sekali membahayakan pengendara lainnya. Bahkan, beberapa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan MetroMini juga sering menimbulkan korban,” ujar Ahok. 

Ia menuturkan pihaknya telah memberikan kesempatan kepada pemilik MetroMini untuk memperbaiki busnya masing-masing, akan tetapi instruksi tersebut tidak pernah dilaksanakan. 

“Kan sudah saya ingatkan berkali-kali kepada para pemilik MetroMini supaya memperbaiki busnya. Tapi tetap saja membandel. Makanya, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI pun menggelar razia MetroMini secara intensif,” tutur Ahok. 

Ia menegaskan pihaknya tidak akan menangkap seluruh MetroMini yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Penangkapan tersebut hanya dilakukan khusus untuk Metromini yang tidak layak jalan. 

“MetroMini yang tidak layak jalan, yang jelek-jelek itu sudah pasti kami tangkap dan dikandangkan. Sedangkan untuk MetroMini yang kondisinya masih bagus dan layak jalan tetap diperbolehkan beroperasi,” ungkap Ahok. 

Sebelumnya, hari ini para pemilik MetroMini melakukan aksi mogok beroperasi mengingat Dishubtrans DKI telah menangkap ribuan MetroMini yang tidak layak jalan. Para pemilik pun meminta agar bus-bus yang sudah ditahan itu segera dilepaskan. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!